MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI

Main Article Content

Nizar Kuroma Indra
Agus Hamdani
Cecep Dudung Julianto

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi (Studi Kuasi Eksperimen
pada Siswa Kelas XI IPA di SMAN 25 Garut Tahun Ajaran 2019-2020)”. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang kurang efektif terutama dalam
pembelajaran menulis teks eksplanasi, dalam pembelajaran menulis khususnya menulis
teks eksplanasi di SMAN 25 Garut kelas XI IPA kemampuan siswa dalam menulis teks
eksplanasi belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang di harapkan. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain The Static
Group Pretest – Posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI IPA di SMAN 25 Garut yang berjumlah 122 siswa, sedangkan sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa
dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 27. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes. Teknik pengolahan data yang peneliti lakukan yaitu dengan SPSS 22.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian menunjukan
bahwa nilai rata-rata hasil pretest kemampuan menulis teks eksplanasi bahwa pembelajaran
menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning
(CTL) lebih efektif daripada menggunakan model pembelajaran ceramah. Maka guru-guru
dalam pembelajaran menulis dapat menggunakan metode ini.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Agus Hamdani, Institut Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Cecep Dudung Julianto, Institut Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Institut Pendidikan Indonesia Garut