PENGARUH MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN DI SDN MANGGUNGJAYA 1 TASIKMALAYA

Authors

  • Ripa Pauziah Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1036

Keywords:

Quizizz, Interactive Media, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan di SDN Manggungjaya 1. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen (one group pretest posttest design). Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V SDN Manggungjaya 1 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh.  Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan media interaktif quizizz. Adapun hasil analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t (uji paired sample t-test) menunjukkan bahwa sig. (2 tailed) lebih kecil daripada 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan di SDN Manggungjaya 1 Tasikmalaya

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Ripa Pauziah. (2024). PENGARUH MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN DI SDN MANGGUNGJAYA 1 TASIKMALAYA. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1036

Issue

Section

Articles