PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJELASKAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI TAKIR DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH BABAT LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1039Keywords:
Explaining Skills, Social Learning, Takir StrategyAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menjelaskan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD melalui strategi Takir. Prosedur PTK ini meliputi dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Babat Kabupaten Lamongan. Subyek penelitian 2 orang guru SD dengan jumlah peserta siswa VA sejumlah 15 anak dan kelas VB sejumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatkan kemampuan menjelaskan melalui strategi Takir. Hasil peningkatan kemampuan menjelaskan mengalami peningkatan dari kondisi rerata awal 66,71, siklus I 76,06 dan siklus II 80,01. Sehingga ada peningkatan 3,95. Sedangkan peningkatan ketercapaian ketuntasan pada kondisi awal 40,00, siklus I 82,35, dan siklus II 94,19 sehingga ada peningkatan ketercapaian 11,84.