PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • A.F. Suryaning Ati MZ Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Rizky Fatimah Azzahra Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1040

Keywords:

Pengembangan, Multimedia Interaktif, Macromedia Flash

Abstract

Multimedia interaktif adalah salah satu inovasi media pembelajaran dalam pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan multimedia interaktif berbasis macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu model pengembangan 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Babat yang terdiri dari kelas V A dan kelas V B. Validasi multimedia interaktif berbasis macromedia flash yang terdiri dari validasi ahli materi, desain dan media memperoleh skor 98%, 94.5%, dan 91.25% dengan kategori sangat layak. Uji coba terbatas pada angket respon siswa dan aktivitas siswa memperoleh skor 84.6% dan 62.5% dengan kategori sangat baik dan baik, sedangkan uji coba lapangan pada angket respon siswa dan aktivitas siswa memperoleh hasil 93% dan 84.6% dengan kategori hasil sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa multimedia interaktif berbasis macromedia flash valid dan praktis digunakan dalam mata pelajaran IPA sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

MZ, A. S. A., & Azzahra, R. F. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 39–47. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1040

Issue

Section

Articles