PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN IV DAWUNGSARI

Authors

  • Octarina Dewi Institut Pendidikan Indonesia
  • Rajji Koswara Adiredja Institut Pendidikan Indonesia
  • Yennie Indriati Widyaningsih Institut Pendidikan Indonesia
  • Dani Gunawan Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1068

Keywords:

Model problem based learning, Keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan model one group pretest-posttest design yang melibatkan 31 siswa kelas V SDN IV Dawungsari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa setelah diterapkan model problem based learning. Karena 25,08 > tα : 0,05 = 2,04 maka dapat disimpulkan menolak Ho, artinya pernyataan perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah adalah berbeda. Atau dapat dikatakan terdapat pengaruh/efektivitas model problem based learning terhadap keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa pada saat pretest keterampilan berbicara siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,13. Sedangkan pada saat posttest keterampilan berbicara siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,74. Dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas V SDN IV Dawungsari.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Octarina Dewi, Rajji Koswara Adiredja, Yennie Indriati Widyaningsih, & Gunawan, D. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN IV DAWUNGSARI. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 59–64. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1068

Issue

Section

Articles