PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATERI BILANGAN HINGGA 100.000

Authors

  • Rustiya Pangestuti Universitas Sebelas Maret
  • Moh Salimi Universitas Sebelas Maret
  • Sudarso Sudarso SD Negeri Tunggulsari II Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.1167

Keywords:

Pemahaman, Bilangan Cacah, PBL

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas V mata pelajaran matematika materi bilangan cacah sampai 100.000 melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Materi bilangan cacah merupakan materi dasar dalam mata pelajaran matematika dan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan hal tersebut pemahaman peserta didik terhadap materi bilangan cacah menjadi hal yang sangat penting yang harus dikuasai oleh peserta didik. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari empat tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kegiatan penelitian dilakukan di SD Negeri Tunggulsari II Surakarta pada tahun ajaran 2023/2024. Subjek dari penelitian ini ialah peserta didik kelas V yang terdiri dari 20 peserta didik. Data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi dan tes. Berdasarkan kegiatan observasi guru menunjukkan persentase pada siklus I sebesar 77,25% dan mengalami kenaikan pada siklus II dengan persentase sebesar 86,50%. Sedangkan hasil observasi peserta didik menunjukkan persentase sebesar 74,25% pada siklus I dan mengalami kenaikan pada siklus II dengan persentase sebesar 83,50%. Untuk hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh persentase sebesar 50% ketuntasan dan 50% belum tuntas. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85% ketuntasan dan 15% belum tuntas. Berdasarkan hasil belajar dapat disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik mengalami peningkatan dan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan cacah sampai dengan 100.000

Author Biography

Moh Salimi, Universitas Sebelas Maret

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Pangestuti, R., Salimi, M., & Sudarso, S. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATERI BILANGAN HINGGA 100.000. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 89–98. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.1167