PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DI KELAS IA SD NEGERI 1 PURWONEGORO

Authors

  • Dyah Fitriani Universitas Sebelas Maret
  • Moh Salimi Universitas Sebelas Maret
  • Prihati Prihati SD Negeri 1 Purwonegoro
  • Fitri Ayu Febrianti Universitas Sebelas Maret/Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1168

Keywords:

hasil belajar, PBL, Pendidikan Pancasila, media puzzle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media puzzle di kelas I A SD Negeri 1 Purwonegoro tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan merefleksi hasil obeservasi terhadap proses pembelajaran dengan indikator keberhasilan ketuntasan klasikal mencapai minimal 80% kategori sangat baik. Hasil belajar Pendidikan Pancasila mengalami peningkatan, rata-rata kelas siklus I sebesar 72,06 meningkat menjadi 85,58 pada siklus II, sedangkan persentase ketuntasan klasikal siklus I sebesar 55,77% kategori  cukup meningkat menjadi 84,62% kategori sangat baik pada siklus II. Hasil belajar  pada siklus II sudah melebihi indikator ketuntasan klasikal yaitu 80%. Penggunaan media puzzle membantu untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran Pendidikan Pancasila, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat.

Author Biography

Moh Salimi, Universitas Sebelas Maret

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Fitriani, D., Salimi, M., Prihati, P., & Febrianti, F. A. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DI KELAS IA SD NEGERI 1 PURWONEGORO . CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1168

Issue

Section

Articles