ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V SDN 2 MEKARASIH

Neng Intan Nurhilma Citrasari, Neni Nadiroti Muslihah, Hendra Permana

Abstract


Based on the results of pre-observations, that the social skills of fifth grade students of SDN 2 Mekarasih in interacting, communicating, building teams / groups and solving problems are still low (lacking). This can affect student activity in the online learning process which is also a new challenge for teachers to be able to develop students' social skills. This study aims to determine the development of these four students 'social skills in online learning and to determine the contribution of online learning activities to the development of students' social skills. This research is a qualitative descriptive study with a naturalistic approach, using questionnaires and interviews as data collection tools. The results showed that the social skills of fifth grade students of SDN 2 Mekarasih in these four aspects were included in the strong category with a total score of 76.47%, as for the contribution of online learning activities, the results obtained were able to assist teachers in developing students' social skills by based on learning activities carried out in groups can develop these four aspects of social skills
Keywords: Student Social Skills, Online Learning

 

Berdasarkan hasil pre-observasi, bahwa keterampilan sosial siswa kelas V SDN 2 Mekarasih dalam berinteraksi, berkomunikasi, membangun tim/kelompok dan menyelesaikan masalah masih rendah (kurang). Hal ini dapat mempengaruhi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran daring yang juga menjadi tantangan baru bagi guru untuk dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan empat keterampilan sosial siswa tersebut dalam pembelajaran daring serta untuk mengetahui kontribusi kegiatan pembelajaran daring dalam pengembangan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan naturalistic, menggunakan angket dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa kelas V SDN 2 Mekarasih dalam ke-empat aspek tersebut termasuk ke dalam kategori kuat dengan total skor sebesar 76,47%, adapun untuk kontribusi kegiatan pembelajaran daring diperoleh hasil yakni mampu membantu guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa dengan didasarkan pada kegiatan belajar yang dilakukan berkelompok dapat mengembangkan keempat aspek keterampilan sosial tersebut.
Kata Kunci: Keterampilan Sosial Siswa, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional (2003). Undang-undang Nomor

Tahun 2003 Pasal 3 Ayat 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Enok, M. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Setiani, T. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa melalui Penerapan Metode Simulasi pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Pakem 2 Sleman. (skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh