ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Windi Paulina, Neni Nadiroti Muslihah, Risma Nuriyanti

Abstract


This study aims to describe the use of popup book media in mathematics learning. The participants were low-class students at Kp. Babakan Bungbulang which was held in a learning family. Desscriptive qualitative is used as a research method by collecting data using observations, questionnaires and wawancra. Triangulation of data used is 1) to see the analysis of media usage to learners whether it is classified as a good media used it is based on the results of interview tests and questionnaires, 2) The results showed that the learners greatly appreciated the popup book learning media applied in mathematics learning that has been carried out in the second observation. This shows that the results of this popup book media analysis research can help students in learning with increased learning ability, especially in mathematics learning.
Keywords: Improving learning ability, Mathematics Learning

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pop up book dalam pembelajaran matematika. Partisipannya adalah peserta didik kelas rendah di Kp.Babakan Bungbulang yang dilaksanakan dalam sebuah rumpun belajar. Kualitatif desriptif digunakan sebagai metode penelitian dengan pengumpulan data yang menggunakan observasi, angket dan wawancra. Triangulasi data yang digunakan yaitu 1) untuk melihat analisis penggunaan media kepada peserta didik apakah tergolong media yang baik digunakan hal ini terdapat berdasarkan hasil tes wawancara dan angket, 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik sangat mengapresiasi terhadap media pembelajaran pop up book yang diterapkan dalam pembelajaran matematika yang telah di laksanakan dalam observasi kedua. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian analisis media pop up book ini dapat membantu siswa dalam belajar dengan meningkatnya kemampuan belajar khususnya dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci : Peningkatan kemampuan belajar, Pembelajaran Matematika


Full Text:

PDF

References


Bluemel & Taylor. (2012). Pop-Up Books : A Guide forTeachers and Librarians .USA:Library of Congress Cataloging-

in- Publication-Data.

Devi, Anggit Shita And Siti Maesaroh,’Pengembangan Media Pembelajaran BukuPop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas VSd’, JURNAL PGSD INDONESIA,2017

Education (2009) Model talking stick pada Pembelajaran Matematika (Skripsi)https://ejournal.undiksha.ac.id,2017 https://www.jurnal.arrainiry.ac.id/ind ex.php/biotik/article/down;oad/999/8 03 https://ejournal.upi.edu/index.php/pe dadidaktika/article/download/13196/ 8502

Ina Reza (2014) IlmiahSolusi Keaktifan Belajar Mata pelajaran Matematika.(Skripsi)https://journal.uniska.ac.id/index.php/solusi/article/download/59/59

Jurnal.IlmiahSolusi.volum1.nomor3. September2014https://journal.uniska.ac.id/inde x.php/solusi/article/download/5 9/59

Jurnal.Rijal.https://www.rijal09.com/2016/04/tujuan-pembelajaran- matematika-di.html?m=1

Jurnal.IlmiahSolusi.volum1.nomor3. September2014https://journal.uniska.ac.id/index.php/solusi/article/download/59/5

Muhsetyo. 2011. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Muhsetyo, Gatot. (2013). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta Universitas Terbuka.

Ruseffendi, ET. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA, Bandung: Tarsito

Sugiyono, (2008) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Subarinah. (2006) Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Setia.

Sardiman. (2001) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2012). Penelitian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Safri, Meilia, Sri Adelila Sari, and Marlina,’Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Munyak Bumi ‘.Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

Sukmadinata, N.S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ROSDA KARYA.

UU No. 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional.

Wonger. (2011). Model Pembelajaran.Pontianak: IKIP PGRI

Y Darma (2016). Hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Pontianak: IKIP PGRI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh