ANALISIS UNSUR INTRINSIK PUISI DALAM BUKU ANTOLOGI CERPEN DAN PUISI ANAK BALON KEINGINAN PENYUSUN KORRIE LAYUN RAMPAN DAN IMPLIKASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Dina Rainida Ilhami, Dani Gunawan, Risma Nuriyanti

Abstract


The intrinsic element of this poem can express good poetry being shown the understanding and delusion of poetry, in addition to having an effect to sharpen sensitivity to humanitarian issues. Poetry in the book Anthology Of Short Stories and Poetry of Balon Children The desires of Korrie Layun Rampan is a collection of poems by elementary school students, therefore, students can understand the intrinsic element of poetry in elementary school learning. This research aims to describe the intrinsic elements of poetry and the implications in elementary school. The research method used is descriptive qualitative research. Based on the results of research shows that poetry with the theme of love of the homeland there are 5 poems, humanity there are 12 poems, and patriotism there are 3 poems. While the tone there is a tone advising there are 2 poems, there are 2 poems, there are 2 poems, and pride there are 14 poems. The feelings conveyed are the feeling of anxiety 5 poems, admiration 7 poems, happiness there are 4 poems, and gratitude there are 4 poems. This mandate is grouped by theme, there is a mandate of gratitude to the One God, a mandate to always be sympathetic and empathetic, and always respect and respect that exists in yourself, country, and culture. Related to this in the book Anthology of Short Stories and Poetry Of Children Balon Desire constituents Korrie Layun Rampan 11 poems have implications in learning and 9 poems have no implications in learning. Anthology Book Of Short Stories and Poetry of Children Balloons The desire of Korrie Layun Rampan is expected to add insight and reference of children's reading materials related to literary works.
Keywords: Intrinsic Elements of Poetry, Learning

 

Unsur intrinsik puisi ini dapat mengekspresikan puisi yang baik dengan ditunjukkan oleh pemahaman dan penghayatan puisi, selain itu juga berpengaruh untuk mempertajam kepekaan terhadap masalah kemanusiaan. Puisi dalam buku Antologi Cerpen dan Puisi Anak Balon Keinginan penyusun Korrie Layun Rampan ini merupakan kumpulan dari puisi karya siswa sekolah dasar, sehubungan dengan hal itu maka siswa dapat memahami unsur intrinsik puisi dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik puisi dan implikasi di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa puisi dengan tema cinta tanah air terdapat 5 puisi , kemanusiaan terdapat 12 puisi, dan patriotisme terdapat 3 puisi. Sedangkan nadanya terdapat nada menasehati terdapat 2 puisi, ajakan terdapat 2 puisi, kritik terdapat 2 puisi, dan kebanggaan terdapat 14 puisi. Perasaan yang disampaikan yaitu perasaan kegelisahan 5 puisi, kekaguman 7 puisi, kebahagiaan terdapat 4 puisi, dan rasa syukur terdapat 4 puisi. Amanat ini dikelompokkan berdasarkan tema, terdapat amanat rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, amanat untuk selalu bersimpati dan berempati, dan selalu menghormati dan menghargai yang ada dalam diri sendiri, negara, dan budaya. Terkait hal tersebut dalam buku Antologi Cerpen dan Puisi Anak Balon Keinginan penyusun Korrie Layun Rampan 11 puisi berimplikasi dalam pembelajaran dan 9 puisi belum berimplikasi dalam pembelajaran. Buku Antologi Cerpen dan Puisi Anak Balon Keinginan penyusun Korrie Layun Rampan diharapkan dapat menambah wawasan dan referensi bahan bacaan anak terkait karya sastra.
Kata Kunci: Unsur Intrinsik Puisi, Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Memahami Makna Puisi Kepahlawanan Dengan Mendddunakan Media Discovery Pada Siswa Kelas X MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2015-2016. Jurnal: JURNALISTRENDI, 2 (1). Adui, F.R. & Olang, Y. (2018). Analisis Unsur Intrinsik dan Nilai Sosial Dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadia. Jurnal: Kansasi, 2 (1). ISSN: 2540-7996

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azharina, N Dan Ramli. (2017). Analisis Struktur Dan Fungsi Syair Tari Rabbani Wahid. Jurnal: Master Bahasa, 5 (01).

Bahtiar, A. dkk. (2017). Kajian Puisi. Tangerang: Pustaka Mandiri. Chandra, R. T. (2017). Pembelajaran Apresiasi Puisi Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kelas V Sekolah Dasar (Studi Kasusu). Jurnal: Stilistika, 3 (2). Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif. Jurnal: Unmuhjember, 1 (1). ISSN: 2503-0329.

Efsa, N.W. (2015). Manifestasi Ideology Romantic Dalam Puisi-Puisi Acep Zamzam Noor. Jurnal: Litera, 14 (01).

Eliastuti, M., dkk. (2017). Sejarah Sastra. Bogor: In Media.

Emzir & Rohman, S. (2017). Teori dan Pengajaran sastra. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Farahiba, A.S. (2017). Eksistensi Sastra Anak Dalam Pembentukan Karakter Pada Tingkat Pendidikan Dasar. Jurnal: Waskita, 1 (2).

Hanafi, H., Adu, L., & Muzakkir, H. (2018). Profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Hermawan, D. & Shandi. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya. Jurnal: Metamorfosis, 12 (1). ISSN: 1978-9842.

Ikhsan, A. (2017). Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal: JIPPK, 2 (2). Issn: 2528-0767

Jamilah, N., dkk. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘Post’ Dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal: Diglosia, 3

(1). ISSN: 2615-725X.

Kasyadi, S., dkk. (2014). Startegi belajar dan Pembelajaran. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Kurikulum 2013. (2013). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2013.

Ma’ruf. I.A. Dan Nugrahani, F. (2017). Pengkajian Sastra Teori Dan Aplikasi. Surakarta: Cv Djiwa Amarta Press. Nurgiyantoro, B. (2012). Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pamawati, L, dkk. (2018). Analisis Citraan Penglihatan Dalam Antologi Puisi Di Hadapan Rahasia Karya Adimas Immanuel. Jurnal: Aksara, 1 (2). E-ISSN: 2597-7996

Putri, A. Y. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Puisi dengan Metode Musikalisasi Berbantuan Media Movie Maker Pada Siswa Kelas III-B Madrasah Ibtidaiyah Khodijah Malang. (Skripsi). Jurusan PGMI. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Pradopo, D.R. (2003). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahayu, A. P. (2013). Analisis Makna Fukugoudoushi~au Dalam Kalimat Bahasa Jepang. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rishanjani, dkk. (2019). Representasi Ketidakailan Pada Kumpulan Puisi Nyanyian Akar Rumput Karya Wiji Thukul. Jurnal: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2 (02). Issn 2477-5932.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan pengkajian sastra perkenalan terhadap ilmu sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sari, R. A. (2017). Kajian Struktur Puisi Karya Siswa Kelas V SDN Mrican 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal: Simki-Pedagogia, 01 (06).

Shidiq, U. & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponogoro: CV Nata Karya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, D. & Jumhana, N. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI Press Sukma, E. & Sihes, A. J. (2016). Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. Jurnal: Gramatika, 2 (1). ISSN: 2442-8485. Suwardo, FX. & Fatriayu, B. (2017). Diksi, Rima, Tema, dan Amanat Puisi Anak-anak dalam Balon Kenginan (Antologi Cerpen dan Puisi Anak-anak) Karya Korrie Layun Rampan. Jurnal: Educatio Vitae, 4 (1).

Syarifudi, M. & Nursalim. (2019). Strategi Pengajaran Sastra. Jurnal: PENTAS, 5 (2).

Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam Di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Jurnal: Bahtera Indonesia, 3 (2). ISSN: 2541-3252 Wakhyudi, Y. & Mulasih. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif Berbasis Komunikatif. Jurnal: Dialektika Jurusan PGSD, 8 (2). ISSN: 2089-3876.

Wicaksono, A. (2019). Apresiasi Puisi Indonesia. Bandar Lampung: Aura. Widiyantoro, S. (2017). Artikel Skripsi: Kritik Sosial Dalam Kumpulan Puisi “Doa Untuk Anak Cucu” Karya W.S Rendra. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri

Yasin, A. F. (2017). Minat Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Nurul Falah Sawah Baru Ciputat. (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Yunus, Syarifudin. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh