ANALISIS KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN HERBARIUM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Dea Asri Pujiasti, Citra Kusuma Dewi, Neni Nadiroti Muslihah

Abstract


In today’s information age, the ability for creativity is one of the competencies that every student must have. However, science learning in elementary schools has not provided many opportunities for students to develop this ability. Therefore, it is necessary to make efforts to improve students' creative abilities, one of which is by using herbarium learning media. The purpose of this study was to analyze the feasibility of herbarium learning media in increasing students' creativity in science learning in elementary schools. The method used in this research is descriptive qualitative. The research instrument consisted of a questionnaire, observation sheets, and interviews. The results of the questionnaire data processing show that the creativity of students when seen in general in science learning using herbarium learning media, as well as from each indicator, and the attitude scale of each individual shows creative interpretation with 70% of students getting the creative category and 30% of students getting the very category creative. Overall, the quality of herbarium learning media is very suitable to be used to support learning in increasing student creativity in science learning in elementary schools.
Keyword: Herbarium Learning Media, Student Creativity Ability, Science Learning.

 

Pada era informasi sekarang ini, kemampuan kreativitas merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki setiap siswa. Namun demikian, dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar selama ini belum banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan ini. Oleh karena itu, perlu upaya dalam meningkatkan kemampuan kreativitas siswa salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran herbarium. Adapun tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan media pembelajaran herbarium dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar observasi, dan wawancara. Hasil pengolahan data angket menunjukkan bahwa kreativitas siswa jika dilihat secara umum pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media pembelajaran herbarium, maupun dari masing-masing indikator, dan skala sikap tiap individu menunjukkan interpretasi kreatif dengan 70% siswa mendapat kategori kreatif dan 30% siswa mendapat kategori sangat kreatif. Secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran herbarium sangat layak digunakan untuk menunjang pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Kata kunci: Media Pembelajaran Herbarium, Kemampuan Kreativitas Siswa, Pembelajaran IPA.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Sudarmin, dan Titi Widianti. (2014). Efektivitas Penggunaan Herbarium dan Insektarium Pada Tema Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Suplemen Media Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VII MTs. Unnes Sciences Education

Journal Semarang: Jurnal Unnes ISSN 2252-6617

Citra, P.M.(2016). Peningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Media Flip Chart dalam Pembelajaran IPS. Universitas Pendidikan Indonesia: repository.upi.edu| perpustakaan.upi.edu

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. AIN Ar- Raniry: Jurnal ilmiah DIDAKTIKA Vol. 12 No. 1. hlm. 149-162

Hariati. (2017). Perbandingan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Herbarium dan Media Gambar pada Materi Fungi Siswa Kelas X SMAN 1 Polongbangkeng Selatan Kab. Takalar. Skripsi UIN Alauddin Makassar. [Online]. Tersedia: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2046/1/HARIATI.pdf&ved=2ahUKEwiB-ePPhqHnAhVWOSsKHQFACbgQFjAAegQIAhAB&usg=AOvVaw3cviL5_DiDhxclJHda72Vy Diakses 19 Januari 2020

Hertanto, E. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. [Online]. Tersedia: https://www.academia.edu/34548201/. Diakses pada 5 Februari 2020.

Hidayati, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbantu dengan Herbarium Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Bandar Lampung. Skripsi UIN Raden Intan Lampung. [Online]. Tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.radenintan.ac.id/5888/1/SKRIPSI%2520ISMI.pdf&ved=2ahUKEwj3-72ThYnnAhUHfH0KHby8BkcQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0qtgGsfW3GQbwZlxOzcQ5U Diakses pada tanggal 2 Desember 2019

Holida, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Media Herbarium Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas Iv Di Sekolah Dasar Inklusi Surabaya. Jurnal UNESA. [Online]. Tersedia: https%3A%2F%2Fjurnalmahasiswa.unesa.ac.id%2Findex.php%2Fjurnal-pendidikan-khusus%2Farticle%2Fview%2F23726%2F21690&usg=AOvVaw2XTyrBlnqYESPMqSUghIjU Diakses pada tanggal 2 September 2020

Kiswanti, H. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Siswa Kelas II SD Negeri Baswen 05. Skripsi Universitas Negeri Semarang. [Online]. Tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwid6cGx_s_sAhXSbX0KHaPWDEYQFjAAegQIARAC&url=http%3A%2F%2Flib.unnes.ac.id%2F18155%2F1%2F1401911003.pdf&usg=AOvVaw0g_gqTi5woy-HYjQZmT1s5 Diakses pada tanggal 15 Oktober 2020

Masnona, M. (2017). Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 49 Karang Anyar Gedong Tataan. Skripsi. [Online]. Tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.radenintan.ac.id/1693/&ved=2ahUKEwjfxqTK94jnAhVJeysKHb02AKwQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw21U99Pji89A-JNIFYXMh3O Diakses pada 28 Desember 2019

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Portanata, Lisa & Awang. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. Stkip Persada Khatulistiwa Sintang: Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 3, Nomor 1, April 2017

Retno, D.W. (2015). Penggunaan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Jember Lor 02 pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Penampakan pada Bumi dan Benda Langit Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Universitas Jember.: repository.unej.ac.id

Sobirin, M., Isnawati dan Reni, A. (2013). Pengembangan Media Awetan Porifera Untuk Pembelajaran Biologi Kelas X. FMIPA UNESA: Jurnal BioEdu Vol. 2 No. 1 hlm. 19-22

Soemarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana . Bandung : Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UPI.

Sudira, P. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar, Sarana Praktik, dan Media Terhadap Hasil

Belajar Patiseri SMK SE-GERBANGKERTASUSILA. UNY: Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 5 No. 1

Susanti. (2011). Ada pengaruh penerapan teori Utami Munandar 4P (pribadi, pendorong, proses, produk) dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan Karangsari Pengasih tahun ajaran 2011/2012. Skripsi [Online]. Tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://digilib.uinsby.ac.id/9218/5/bab%25202.pdf&ved=2ahUKEwinjo3M_IjnAhVIYysKHQofBywQFjADegQIARAB&usg=AOvVaw2pRYBgKbvZEUyA6DYPgk-4 Diakses pada 4 Januari 2020

Windayati, V.P, Afifah, N. & Karno.R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Herbarium Pada Materi Organ Tumbuhan di SMPN 5 Rambah Hilir. Universitas Pasir Pengaraian. Tersedia : https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/110297-ID-pengembangan-media-pembelajaran-herbarium.pdf&ved=2ahUKEwiWhvHDhYnnAhVSSX0KHb5-DekQFjABegQIAxAB&usg=AOvVaw0kDNtvwIBUe85seEEp1Xo5 Diakses pada 5 Januari 2020

Widiyantini, G.A.P.N, Meter, I.G & Suardika, R. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dengan Bantuan Herbarium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Sdn Pemecutan Kecamatan Denpasar Barat. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol. 2 No. 1 Tahun 2014). Diakses tanggal 20 Desember 2019

Zurtina. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV MIN Bandar Lampung. Skripsi UIN Raden Intan Lampung. [Online]. Tersedia di: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/566 Diakses pada tanggal 23 Oktober 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh