Analisis Metode Jari Magic (Jarimatika) dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Motivasi Belajar Siswa

Neni Nadiroti Muslihah, Lisna Tiawati

Abstract


This research is motivated because some students still find it difficult to count, especially in multiplication, this has an impact on learning motivation, therefore researchers are interested in this study which aims to improve numeracy skills and student motivation in learning to count through learning with Jarimatika. This study involved 6 students consisting of 3 participants from class III and 3 participants from class IV. This research method uses a qualitative approach with descriptive methods. This data was obtained by means of tests, motivation questionnaires, and interviews. The data analysis technique in this study uses the process of data collection, data reduction, data display, and conclusion / verification. As for the results of the research using Jarimatika in numeracy skills for class III, the learning activities are practicing Jarimatika, printing fingers and arranging puzzles with an average score of 8.77 and for grade IV the learning activities are matching pictures, pasting cards and the circumference of Nusantara with the average score. 8.66. Meanwhile, for the result of learning motivation for class III gets an interpretation value of 3.22 which is classified into the "Good" category, and for class IV gets an interpretation value of 3.36 belonging to the "Very Good" category
Keywords: Jarimatika, Numeracy Skills, Learning Motivation

 

Penelitian ini dilatar belakangi karena sebagian siswa masih merasa kesulitan dalam hitungan khususnya dalam perkalian hal ini berdampak terhadap motivasi belajar, oleh karena itu peneliti tertarik dalam penelitian ini yang bertujuan meningkatkan kemampuan berhitung dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berhitung melalui pembelajaran dengan jariamtika. Penelitian ini melibatkan partisipan sebanyak 6 orang siswa yang terdiri dari 3 orang partisipan dari kelas III dan 3 orang partisipan dari kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data ini diperoleh dengan tes, angket motivasi, dan wawancara. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan proses pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan /verifikasi. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan jarimatika dalam kemampuan berhitung untuk kelas III kegiatan belajarnya belatih jarimatika, mencetak jari tangan dan menyusun puzzle dengan hasil rata-rata nilai 8.77 dan untuk kelas IV kegiatan belajarnya mencocokan gambar, menempelkan kartu serta keliling nusantata dengan hasil rata-rata nilai 8.66. Sedangkan ntuk hasil motivasi belajar kelas III mendapatkan nilai interpretasi 3.22 tergolong ke dalam kategori “Baik”, dan untuk kelas IV mendapatkan nilai interpretasi 3.36 tergolong ke dalam kategori “Sangat Baik”
Kata kunci: Jarimatika, Kemampuan Berhitung, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Megajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Abin Syamsudin. (1998). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Astuti, Trivia (2013). Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media.

Dianita, B. (2013) “Peningkatan Kreativitas Melalui Media Jariamtika pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Jagalan Karangnongko” jurnal publikasi.

Djiwandono, Esti, S.W. (2008). Psikologi Pendidikan, Jakarta:Grasindo, ,

Dwi Sunar Prasetyo, dkk. (2009). Memahami Jarimatika untuk Pemula. Jakarta: Diva Press

Hamzah B. Uno. (2012).Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta: PT Bumi Aksara

Lisnawati Simanjuntak. ( 1993 ). Motivasi Mengajar Matematika. Jakarta : Rineka Cipta.

Misni. (2011). Tangan Pintar Teknik Berhitung Pintar. CV Mandiri Cipta Harini.

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prasetyono, D. S. (2008). Memahami Jarimatika untuk Pemula. Diva Press: Yogyakarta

Prasetyono, D.S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarata: Think.

Sangidu. (2004). Metode Penelitian Sastra, Pendekatan Teori, Metode dan Kiat. Yogyakarta: UGM.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Simanihuruk, Mudin. (2013). Pengembangan perkalian Jari Magic. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Subini, Nini.(2011). Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Jogjakarta: Javalitera

Sumadi Suryabrata, (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutikno, M. Sobry. (2009) Belajar dan Pembelajaran “Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasi”. Bandung :Prospect.

Tribudiyono. (2008). Cara Cepat Berhitung Angka Metode Handrtymatika dan Formula Matematika. Yogyakarta: Asta Aji Pustaka

Uno, Hamzah. B. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, Hamzah. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang, Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Wulandani, S.P. (2007). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Jakarta: Kawan Pustaka

Wulandani, S.P. (2008). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Jakarta: PT Kawan Pustaka.

Wulandani, S.P. (2012). Berhitung Mudah dan Menyenangkan dengan Menggunakan Jari Buku Panduan untuk Putra-Putri Anda Usia 3 – 10 Tahun,Jakarta selatan: PT. Kawan Pustaka

Wulandani, S.P. (2013). Jarimatika Perkalian dan Pebagian. Jakarta: PT kawan Pustaka

Bintoro, H. S. (2015). Pembelajaran Matematika dengan Metode Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol.1 No.1. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Panjaitan, M. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas III SDN 106162 KEC. Medan Estate”. SEJ (School Education Journal) vol. 8. No 2 juni 2018. [online ] tersedia : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/download/10257/9357 [8 november 2018]

Purwaningsih, S.J. (2018) “Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Menggunakan Metode Jarimatika pada Anak Usi 4-5 Tahun di PAUD Dinda Kids Kota Pekanbaru” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol 2, Nol 1

oktober 2018.

[online] tersedia : https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/download/1991/1247 [8 November 2018]

Puspitasari, L. (2010) Efektifitas Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemapuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar Kelas III [Online] tersedia : http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/download/775/645 [14 desember 2020]

Gusmania, Y, Agustyaningrum, N. (2018) “Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika Berbantuan Buku Saku Melalui Media Permainan Monopoli untuk Menanamkan Minat Belajar siswa dalam Berhitung di SDN 020 Rw 02 Kelurahan Sei Langkai”, Volume 2, Desember 2018 [online] https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/MNDBHRU/article/view/1405 [14 Desember 2020]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh