Analisis Pembelajaran Jarak Jauh Ditinjau dari Pengalaman Mengajar Guru Selama Pandemi Covid-19

Shendy Avina Julifahni

Abstract


 Fokus dalam penelitian ini yakni berusaha untuk memaparkan 1) pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ditinjau dari pengalaman mengajar guru 2) efektivitas pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, dimana subjeknya adalah guru kelas tinggi yaitu guru kelas IV, guru kelas V, dan guru kelas VI. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan metode wawancara dan dokumentasi kepada narasumber. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum maksimal, hal ini dikarenakan perencanaan terkait tujuan pembelajaran, serta pemahaman dan pengaplikasian dari model, metode, teknik, media dan alat evaluasi yang dilaksanakan masih terasa konvensional tanpa ada inovasi terkait pembelajaran jarak jauh 2) efektivitas pembelajaran dikatakan belum efektif pelaksanaanya karena beberapa hal seperti a) belum siapnya siswa dalam melaksanakan pembelajaran, b) kurang maksimal penyampaian materi c) faktor ekomomi siswa yang mempengaruhi pada media pembelajaran yang digunakan, serta d) kurangnya respon siswa dan orang tua terkait penyampaian dari guru.


Full Text:

PDF

References


Barnawi & Darojat, J. (2018). Penelitian Fenomonologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud.

Muslich, M. (2007). Pengertian Pengalaman Mengajar. [Online]. Diakses dari: https://www.e-journal.com/2014/02/pengertian-pengalaman mengajar.html?m=1

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi.

Rakib, M, dkk. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. 3, 2, 138- 148.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Surat Edaran Kemendibukd No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)

Warsita, B. (2014). Jurnal Teknodik: Pola Kegiatan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jarak Jauh, I8, 1, 74-75.




DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1432

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1432.g995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh