ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SUKAGALIH

Riska Sarika

Abstract


Abstrak: Kemampuan membaca pemahaman penting bagi penguasaan, peningkatan, dan pengetahuan siswa. Tujuan dari penelitian ini 1) bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V SD Negeri 1 Sukagalih 2) bagaimana hambatan yang dialami siswa dalam membaca pemahaman 3) bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana subjeknya adalah siswa kelas V. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 1 Sukagalih memperoleh nilai rata-rata 67 termasuk ke dalam kategori cukup. 2) dari hasil wawancara faktor yang menjadi penghambat dalam kemampuan membaca pemahaman yaitu motivasi dan minat, kebiasaan, keadaan diri siswa, pengaruh lingkungan, dan bahan bacaan. 3) Dari hasil wawancara upaya yang dilakukan yaitu memotivasi siswa dalam membaca, menentukan tujuan membaca, kepekaan guru terhadap siswa yang sulit dalam membaca, penggunaan metode dan media dalam mengajar, penggunaan sarana dan prasarana.

Kata Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman


Full Text:

PDF

References


Amalia Khusnul Khotimah. (2016). Analisis Kemampuan Membaca Pemahan Berdasarkan Taksonomi Barret Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen. Universitas Negeri Semarang.

Basuki, I.A. (2011). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Berdasarkan Tes Internasional Dan Tes Lokal. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Jurnal: BAHASA DAN SENI, Vol. 39 No. 2.

Dimyati, dan Mudjiono, (2013), Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Lestari, dkk (2018). Analisis Penggunaan Sarana Dan Prasarana Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mahasiswa Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2016/2017. Universitas PGRI Palembang. Jurnal : Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Volume 3, No. 1.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhsyanur. (2014). Membaca (Suatu Keterampilan Bahasa reseptif). Yogyakarta: Buginese Art.

Nurhadi. (2005). Bagaimana Cara Meningktakan Kemampuan Membaca. Bandung : UPI PRESS

Rahim, Farida. (2008) Pengajaran Membaca di Sekolsh Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Saroh, dkk. (2016). Pengaruh Teknik Scramble Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Dan Memparafsase Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal : Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 8. No.2.

Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukmadinata, Nana Syaodih.(2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1437

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1437.g996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh