Meningkatkan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 11 Kota Kulon Garut Melalui Media Flashcard

Sri Rani Kartini

Abstract


Skripsi ini berjudul “MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA KULON GARUT MELALUI MEDIA FLASHCARD”. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan peningkatan membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar melalui media flashcard. Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas . Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa B kemampuan awal 67,50% menjadi 76,44% di siklus I dan 86,35% di siklus II, jadi peningkatan yang telah diperoleh siswa B yakni 18,85%. Siswa R kemampuan awal 66,73% menjadi 76,44% di siklus I dan 86,15% di siklus II, jadi peningkatan yang telah diperoleh siswa R yakni 19,42%. Siswa F kemampuan awal 50,00% menjadi 76,44% di siklus I dan 78,46% di siklus II jadi peningkatan yang telah diperoleh siswa F yakni 28,46%. bisa disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard bisa meningkatkan proses serta hasil kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 11 Kota Kulon Garut, dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan.

Membaca Permulaan dan Flashcard


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya

Aqib, Zainal. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya

Aqib, Zainal. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Budi Utama.

Arikunto, Suharsimin. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimin. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimin. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Bumi Aksara

Ariyanti, L. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Siswa Keals 1 Sd Karanggayam Kecamatan Pleret Kabupaten Bntul. Fakultas Ilmu Pendidikan Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Departemen Pendidikan Nasional. (2021). Membaca Dan Menulis Permulaan. Diakses pada 1 September 2021, dari https://uptdtksdplskalipare.wordpress.com/

Dhieni, Nurbiana dkk. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ekawarna. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Gaung Persada

Hadiana, L H, Sugara Mochamad Hadad, dan Ina Marlina. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Vol.4, (2), 212-242.

Haryanto. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar. Program Pascasarjana Surakarta.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: Diva Press

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2010). Al Qur’an Surat An- Nahl 44 , Al Qur’an Tajwid Dan Terjemahnya. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.

Kementrian Agama Republik Indonesia. (2002). Al-Qur’an Ayat 1-5, Al-Qur’an Dan Terjemah. Surabaya: Kemenag RI.

Khoiroh, F. (2018). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Satu Mi Ma’arif Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo, Tahun Pelajaran 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Koilmo, E B A, Heryon Bernard Mbuik, dan Yulsy Marselina Nitte. (2020). Analisis Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar,2, (2), 101-110.

Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Murtafiah’ah. (2020). Youtube.

Muryanti, D. (2019). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Di Min 8 Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Lampung.

Nafi’ah, Siti Anisatun. (2008). Model – Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pamungkas, B. (2017). Asesmen Membaca Permulaan Sebagai Upaya Deteksi Dini Anak Berkesulitan Belajar Membaca (Dyslexia), 1-15.

Parwanti, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Visual (Kartu Huruf) Siswa Kelas I Sdn Jelupang 02 Kota Tangerang Selatan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Nomor 137 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2009). Permendiknas Nomor 58 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. (2015). 24 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. F. Permendikbud.

Pratiwi, I M dan Vina Anggia Nastitie Ariawan. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaandi Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan,1, 69-76.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadiman, Arif S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Samsuri, dan S. (2008). Penerapan Media Flash Carddalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar, Journal: Buah Hati,5,(2), 118-126.

Sanjaya, Wina. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Smaldino, Sharon E., James D. Russell, and R. Heinich,Michael M. (2005). Instructional Technology And Media For Learning. United States Of America: Pearson Prentice Hall.

Sohibum dan F Y A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive, Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 2,(2), 121-129.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Cv. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Tarigan, Henry Guntur. (2017). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, Indah. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.4.1, 10-16.

Yunus, M U D. (2017). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd Inpres Sambung Jawa 3 Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Makassar.

Yusuf, Syamsu. (2007). Psikologi Perkembangan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1441

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1441.g997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh 


   

  

Creative Commons License
caXra adalah sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan secara regular oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Pendidikan Indonesia (Jl. Pahlawan No.32, Garut,Indonesia). caXra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © caXra Jurnal