Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menulis Puisi Naratif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas Iv SDN 2 Sukagalih)

Tiara Indah Sri Wahyuni

Abstract


Fokus dalam penelitian ini yakni untuk menganalisis bagaimana hasil menulis puisi naratif siswa serta kesulitan yang dialami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana subjeknya yaitu guru dan siswa kelas IV. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) hasil menulis puisi naratif siswa kelas IV yang terdiri dari tema, amanat, diksi dan rima masih tergolong sederhana. Dari 24 siswa terdapat 10 siswa yang termasuk kriteria “Baik”, 3 siswa termasuk kriteria “Cukup”, dan 11 siswa termasuk kedalam kriteria “Kurang”. 2) Kesulitan yang dialami siswa yaitu dalam menentukan judul dan isi puisi sesuai dengan tema, kesulitan dalam menentukan amanat, kesulitan dalam menentukan diksi dan rima. Kesulitan yang tergolong paling kuat pada unsur diksi dan rima, dan kesulitan yang paling ringan yaitu dalam menentukan amanat.

Menulis puisi naratif, kesulitan


Full Text:

PDF

References


Feby, I. (2017). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol 3 (2). 105-116.

Izzudin, M. (2017). Analisis Isi Karangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V MIN Sumberjati Kdemangan Kabupaten Blitar. (Skripsi). Reguler. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Kastawa, S. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Naratif Melalui Media Film Dokumenter Bagi Siswa. (Skripsi). Reguler. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Kinani, R. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Active Learning Teknik Imajinasi Siswa Kelas V SD Godegan Srandakan Bantul. (Skripsi). Reguler, Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhapipah, A. (2019). Analisis Struktur Fisik Puisi dan Kesulitan Menulis Puisi Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. (Skripsi). Reguler. Institut Pendidikan Indonesia. Garut.

Pradopo, R. (2009). Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Rosdiana. (2009). Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Robiansyah, F. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menulis Puisi Serta Implikasinya Dalam Pengajaran Bahasa di Kelas IV SDN Banjarsari 5. Kalimaya. Kalimaya.Vol 7. (2) 1-10.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung : Alfabeta.

Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1461

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1461.g998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh