PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR IPA (Studi Eksperimen terhadap Siswa kelas V SDN 1 Cibunar)

Ejen Jenal Mutaqin, Muhammad Nurjamaludin, Nia Alfiyanti

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap minat belajar IPA siswa kelas V . Jenis penelitian ini aalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, peneliti menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 16 orang sebagai kelompok control. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji homogenitas dan Uji t. Hasil posttest siswa kelas VA yang menggunakan media pop-up book yaitu memiliki skor tertinggi dengan rata-rata 80,00 sedangkan kelas VB yang tidak menggunakan media pop-up book. Dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu terdapat lower bernilai positif dengan skor  2.578 dan upper bernilai positif serta memiliki nilai 10.172 atau nilai Sig(2-tailed) = 0,002. Karena lower bernilai positif dan upper bernilai positif atau Sig.(2-tailed) = 0,002 <  α = 0,05 yang berarti Terdapat pengaruh signifikan media pop-up book terhadap minat belajar IPA siswa kelas V.

Media Pop-up Book, Minat belajar


Full Text:

PDF

References


Arsyad, (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dewanti, H., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228.

Giyanti, G. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Peserta Didik Tunarungu SMP-LB pada Materi Gerak dan Gaya. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nurwahidah, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Suhu Dan Perubahannya (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Rahmawati, W. (2016). Pengembangan Media Pop-up Book pada Tema Air, Bumi, dan Matahari Kelas II Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sundayana, 2018. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Afabeta

Surya, mohamad. (2015). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media.




DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1463

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1463.g999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh