HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Studi Korelasional terhadap Siswa Kelas V SDN 3 Lebakagung)

Rajji Koswara Adiredja, Eko Fajar Suryaningrat, Silfany Andina

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan karena masih terdapat siswa yang kurang mampu dalam menyusun sebuah kata menjadi sebuah karangan/cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN 3 Lebakagung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jumlah populasi yang terdiri dari 24 orang siswa, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, kecerdasan linguistik dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN 3 Lebakagung keduanya berkategori sedang dengan frekuensi yang sama yaitu sebesar 66.6%.Pengujian korelasi kecerdasan linguistik dan keterampilan menulis karangan narasi diperoleh sebesar 0.630, yang termasuk dalam kategori “Kuat”, dengan koefisien determinasi sebesar 0.630 atau 36.69% pada taraf koefisien 5%.Sehingga terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 3 Lebakagung.

Full Text:

PDF

References


Andro, J. (2020). Analisis Kecerdasan Linguistik pada Siswa Kelas V SD Negeri 169 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 4(3). 537-543.

Dewi, A.B.C., Sujana, I.W., & Putra, I.K.A. (2018). Korelasi antara Kecerdasan Linguistik dengan Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1). 33-42.

Dwiprabowo, R. (2021). Hubungan Kecerdasan Linguistik dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas III SD Negeri Se-Kelurahan Cipete Utara Jakarta Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Jakarta, 12(2), 182-192.

Fransiska, M., & Listyarini, I. (2017). Analisis Kemampuan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas 5 SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang. Lingua, 13(1). 68-76.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Prayoga R.W., dkk. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Narasi Melalui Penerapan Program Literasi Berbantuan Media Buku Cerita Anak Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan, 2(11). 1498-1503.

Purwanti, W. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4). 1-10.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN 3 Margodadi Jati Agung Lampung Selatan. In Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 181-200).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1589

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1589.g1126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh