PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Fokus dalam penelitian ini yakni berusaha untuk memaparkan pengaruh penggunaan media kartu gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 5 sekolah dasar.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitan eksperimen dengan desain penelitian yaitu pra eksperimen one group pretest-posttest, dimana partisipannya adalah siswa kelas 5 sekolah dasar. Teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media kartu gambar terhadap keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil skor rata-rata pretest yaitu 70,70 dan hasil skor rata-rata posttest yaitu 79,82. Dengan sig (2 tailed) = 2,037 dan p = 0,05 , t hitung > t tabel = (12,2073) > (2,037).Adapun skor gain siswa dari pretest ke posttest adalah sedang dengan skor rata-rata 0,31.
Keterampilan Berbicara, Media Kartu Gambar, Media Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyyah, 24(2), 226-245.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran : (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27-33.
Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan Pembinaan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia pasal 5 ayat 2.
Putri, D dan Elvina. (2019). Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar Melalui Metode Game’s. Surabaya : CV Qiara Media.
Sari, E.R. dan Otang, K. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 125-138.
Selawati, T.S. (2017). Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, G. (2018). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : CV Angkasa.
Umar. (2014). Media Pendidikan : Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 131-144.
DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1639
DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1639.g1128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Di index oleh

caXra adalah sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan secara regular oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Pendidikan Indonesia (Jl. Pahlawan No.32, Garut,Indonesia). caXra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © caXra Jurnal