Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Lutfi Asy'ari, Jamilah Jamilah, Hendra Permana, Tini Maryanti

Abstract


Penanaman pendidikan karakter dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah khususnya sekolah dasar menggunakan kurikulum 2013. Jenis penelitian kualitatif dan menggunakan deskriptif kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan tempatnya dan objeknya, peneliti menggambil objek penelitian guru kelas III dan keseluruhan siswa kelas III. proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter diambil dari 18 indikator presentasi yang nantinya indikator dengan proses penanaman nilai karakter di terapkan pada siswa kelas III di SDN 3 Cinunuk. Faktor yang mempengaruhi terhadap penanaman nilai karakter siswa ialah faktor internal dan faktor eksternal. Bentuk penanaman nilai-nilai karakter pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam pengintegrasian pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terdapat 5 indikator utama yang diamalkan.

Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.


Full Text:

PDF

References


Alawiyah Faridah, (2012), Kebijakan Dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Di Indonesia. Jurnal (online) Aspirasi Vol. 3 No. 1, Juni 2012

Kesuma Dharma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah , Bandung : PT. D Kesuma Remaja Posdakarya. (hlm.19)

Kusumawati Intan & Zuchdi Darmiyati (2019) Pendidikan Moral Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Konstruktivis, Universitas Negeri Yogyakarta, Academy of Education Journal. Vol. 10 No. 1 Tahun 2019

Nazir, M. (2003). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudrajat. Ajat (2011) . Mengapa Pendidikan Karakter Jurnal: Pendidikan Karakter tahun 1 Nomor 1, FIS Universitas Negeri Yogyakarta ( hlm. 49)

Salahudin Anas & Alkrienciehie Irwanto, (2013) Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa). Bandung Pustaka Setia

Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tujuan mata pelajaran PKN

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (2017). Penerbit Alfabeta, Bandung

Samsuri, (2011). Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan Era Reformasi Di Indonesia, Jurnal (online) : Universitas Negeri Yogyakarta, Juni 2011, No. 2

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, link online : https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Wahyudin Dina (2009)pengantar Pendidikan, penerbit Universitas Terbuka (hlm.1.35)




DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1644

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1644.g1129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh 


   

  

Creative Commons License
caXra adalah sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan secara regular oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Pendidikan Indonesia (Jl. Pahlawan No.32, Garut,Indonesia). caXra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © caXra Jurnal