Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Digital Book Pada Mata Pelajaran PAI

Aceng Ahmad Rodian Susila

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran digital book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk one group time series design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 2 Balewangi Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut yang berjumalah 1 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah seluruh kelas 4 yang berjumlah 32 ssiswa karena hanya terdapat satu kelas sehingga semuanya di jadikan sampel. .Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik yang diambil yaitu sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, dan pembahasan, diperoleh kesimpulan Penerapan media pembelajaran digital book dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI, dan Terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah memanfaatkan digital book pada pembelajaran PAI dengan kategori sedang.

 Abstrak: Digital Book. Hasil Belajar. Pendidikan Agama Islam

 


Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, A. K. (2021). PENGGUNAAN BUKU DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 SMAN PAKUSARI JEMBER: Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. PESAT, 6(6), 12-24.

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44.

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102-115.

Ghaliyah, F. B. S. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa SMA Kelas XI. EJournal SNF, 4.

Husni, M. (2016). Studi Pengantar Pendidikan Agama Islam. ISI Padangpanjang.

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84-96.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan media pembelajaran digital book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Rozy, A. F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Berbasis 3d Pageflip pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Di Smk Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1664

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1664.g1133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh