EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN CIKONDANG 5 CISOMPET KABUPATEN GARUT

Rivan Syahrul Falah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbantuan multimedia terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan bentuk desain penelitian yaitu one group pretest dan post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 di SDN Cikondang 5 Kabupaten Garut tahun ajaran 2021/2022 sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 30 orang siswa dengan teknik sampling population. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data menggunakan analisis ststistik deskriptif dan uji Gain Ternormalisasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kemampuan awal siswa sebelum memperoleh pembelajaran IPA berbantuan multimedia sebesar 40.83. 2) Hasil belajar siswa kelas IV setelah memperoleh pembelajaran IPA berbantuan multimedia sebesar 84.50. 3) Pembelajaran IPA berbantuan multimedia efektif terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran IPA Berbantuan Multimedia. Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Baharuddin dan Wahyuni. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Faizi, M. (2013). Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Fitriyani, R., & Anif, S. (2013). Penerapan Media Audio Visual Dan Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Biologi Materi Bumi Dan Benda Langit Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akomodasi Perhotelan 1 SMK Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Irwanto, I. I., Taufik, R. A., Hernawan, H., & Rizal, S. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif dan Mobile Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 4(1).

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Winataputra, U. S. (2008). Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1665

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.1665.g1134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Di index oleh