IMPLEMENTASI PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DI SD NEGERI 1 WINDUHAJI
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.2133Keywords:
Pendekatan TaRL, Proses Pembelajaran, Ketrampilan Berpikir Kriits, Motivasi BelajarAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan proses pembelajaran menggunakan pendekatan Tarl di SD Negeri 01 Winduhaji pada tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui “Implementasi Penerapan Pendekatan TaRL” di kalangan guru-guru SDN 1 Winduhaji. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SDN 1 Winduhaji, yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan TaRL dalam proses pembelajaran memberikan dampak yang positif terhadap motivasi, keterlibatan aktif, dan pemahaman konsep siswa. Pendekatan ini berhasil mendorong siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, serta memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Namun, meskipun hasil yang diperoleh sangat positif, penelitian ini juga mengidentifikasi adanya beberapa tantangan dalam implementasi pendekatan Tarl. Keterbatasan waktu dan sumber daya menjadi hambatan yang perlu diperhatikan agar penerapan pendekatan ini dapat lebih optimal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.