TERAPI PERILAKU SEBAGAI METODE UNTUK MENANGANI ANAK AUTISME

Authors

  • Irfa Nur Ilmy Institut Pendidikan Indonesia
  • Karantiano Sadasa Putra Institut Pendidikan Indonesia
  • Maulida Aulia Rahman Institut Pendidikan Indonesia
  • Lutfi Asyari Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang terapi perilaku untuk menangani anak autisme yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa B Garut yang berguna untuk sekolah-sekolah umum lainnya. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk naratif tentang setiap objek penelitian secara individu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan terapi perilaku yang dilakukan pada autisme asperger yaitu anak diberikan intruksi satu kata hingga dua kata lalu anak diberikan prompt jika membutuhkan dan selalu diberikan imbalan jika anak berhasil melakukannya. Tentunya ketika pelaksanaan terapi perilaku ada hambatan yang dialami yaitu ketika anak kurang fokus untuk menjalankan instruksi dari guru maka guru perlu memberikan stimulus. Setelah pelaksanaan terapi perilaku pada anak autisme asperger, anak mengalami perubahan terhadap peningkatan perilaku dan kemampuan individu lainnya seperti komunikasi, kemandirian, interaksi sosial dan perilaku positif lainnya pada anak autisme.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Irfa Nur Ilmy, Putra, K. S., Rahman, M. A., & Asyari, L. (2024). TERAPI PERILAKU SEBAGAI METODE UNTUK MENANGANI ANAK AUTISME . CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 13–23. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.987

Issue

Section

Articles