HUBUNGAN MENTAL HECTIC DENGAN MATHEMATICAL CONCEPTUAL UNDERSTANDING SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ejen Jenal Mutaqin Institut Pendidikan Indonesia
  • Eko Fajar Suryaningrat Institut Pendidikan Indonesia
  • Anggun Nurbayanti Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.995

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kondisi mental hectic (seperti kecemasan dan depresi) dengan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas III SD. Penelitian menggunakan pendekatan eks post facto, pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes dengan teknik sampling non probability (sampling jenuh) dari seluruh populasi siswa kelas III (30 orang). Hasil analisis data menunjukkan bahwa Mental Hectic dan Mathematical Conceptual Understanding siswa berada pada tingkat sedang. Hasil Uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut, dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,432 yang mengindikasikan hubungan positif yang sedang. Besaran determinasi sebesar 18,67% menunjukkan bahwa sebagian dari variasi dalam Mental Hectic dapat dijelaskan oleh Kemampuan Conceptual Understanding. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana kondisi mental dapat memengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematika pada anak-anak sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Mutaqin, E. J., Suryaningrat, E. F., & Anggun Nurbayanti. (2024). HUBUNGAN MENTAL HECTIC DENGAN MATHEMATICAL CONCEPTUAL UNDERSTANDING SISWA SEKOLAH DASAR . CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 65–71. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.995

Issue

Section

Articles