Social Studies Orientation Learning through Build Social Behavior of Student

Nurdin Miptahul Ulum, Dr Tetep, Triani Widyant

Abstract


Pembentukan sikap sosial merupakan salahsatu cara mewujudkan bangsa yang memiliki karakter. Masalah yang sering muncul di sekolah ahir-akhir ini seperti perilaku peserta didik yang kurang disiplin  misalnya dalam berpakaian tidak sesuai aturan, terlambat datang ke sekolah, dann terlambat masuk kelas. Kemudian masalah lain peserta didik yang kurang tanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besaran pengaruh dari pembelajaran IPS terhadap sikap sosial peserta didik di SMPN 1 Tarogong Kidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif  pada kelas VIII. Populasi penelitian berjumlah 334 peserta didik yang kemduian dijadikan sampel 34 responden. Hasil penelitian menunjukan hubungan pembelajaran IPS dengan siakp sosial berada dalam kategori cukup yakni 0,569, dengan besaran pengaruh 32,4%. Penelitian menunjukan pengaruh positif dan signifikan sehingga pembelajaran IPS harus lebih optimal agar sikap sosial peserta didik dapat terbentuk.

Full Text:

PDF

References


L. D. Rismayani, I. W. Kertih, and L. P. Sendratari, “Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Peserta didik Kelas Vii Smp Negeri 2 Singaraja,” J. Pendidik. IPS Indones., vol. 4, no. 1, pp. 8–15, 2020, doi: 10.23887/pips.v4i1.3164.

Y. Berchmans, “Tanggungjawab, Keluarga, Masyarakat, dan Sekolah terhadap Pendidikan Generasi Emas,” Radar NTT, 2019. https://radarntt.co/opini/2019/tanggungjawab-keluarga-masyarakat-dan-sekolah-terhadap-pendidikan-generasi-emas/#:~:text=Tugas sekolah adalah mendidik%2C mengajar,atau CONTOH HIDUP yang baik. (accessed Jun. 21, 2022).

Suswandari, “Perspektif Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Penanaman Nilai Dan Etika Serta Hak Asasi Manusia Di Era Global,” in “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global,” 2016, p. 14, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/view/2875/1561.

E. W. Abbas, Mewacanakan Pendidikan IPS. Bandung: WAHANA Jaya Abadi, 2013.

D. Tetep, “Kontribusi Kompetensi Guru Dan Iklim Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Sosial Peserta Didik Smp Negeri Di Kabupaten Garut,” J. Civ. Soc. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 1–51, 2018, doi: 10.31980/2655-7304.v1i1.77.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana, 2009.

A. Djamaluddin and Wardana, Belajar Dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, 1st ed. ParePare: CV Kaaffah Learning Center, 2019.

Sapriya, pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

N. Somantri, Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

E. Surahman and Mukminan, “PERAN GURU IPS SEBAGAI PENDIDIK DAN PENGAJAR DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PESERTA DIDIK SMP,” Harmon. Sos. J. Pendidik. IPS, vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2017, doi: 10.1136/bmj.3.5922.25.

S. . Sarwono and E. . Meinarno, Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2015.

M. N. Purwanto, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

A. Z. Sarnoto and D. Andini, “Sikap sosial dalam kurikulum 2013,” Madani Inst. | J. Polit. Hukum, Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 6, no. 1, pp. 59–70, 2017, [Online]. Available: https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/58.

R. Rezita, “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan di Bank Jatim Cabang Utama Surabaya,” J. Adm. Perkantoran, vol. 2, no. 2, pp. 1–15, 2014, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9311.

Sugiyono, metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D, 2nd ed. Bandung: ALFABETA cv, 2019.

T. Winarsunu, Statistika dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2006.

D. Zuchdi, “Pembentukan SIkap,” Cakrawala Pendidik., vol. 14, no. 3, pp. 51–63, 2011.

S. Resmalasari, “PENGARUH PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MODAL SOSIAL PESERTA DIDIK,” J. Pendidik., vol. 30, no. 2, pp. 111–123, 2020, doi: 10.24235/ath.v.




DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v6i1.1768

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/civicos.v6i1.1768.g1191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   Creative Commons License