JOYFUL LEARNING IN SOCIAL STUDIES IS ACHIEVED THROUGH OPTIMAL EDUCATIONAL MANAGEMENT

Authors

  • Alni Dahlena Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhamad Parhan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v8i1.488

Keywords:

Manajemen Pendidikan, Optimalisasi

Abstract

Problematika rendahnya mutu di berbagai lembaga pendidikan. Perubahan sistem tata kelola pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kemajuan suatu bangsa dan kualitas manajemen dan sumber daya manusia. Sistem manajemen pendidikan dalam mengoptimalisasikan proses pembelajaran sangat diperlukan, kedudukan manajemen pendidikan sebagai sistem tata kelola berjalan atau tidaknya kegiatan pembelajaran di sekolah. Sistem yang bersifat sentralistik semacam ini dapat menurunkan kualitas hasil dalam kreativitas dan inovasi serta meminimalkan otoritas pengelola sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis mengenai optimalisasi sistem manajemen pendidikan dan tantangan yang menghambat pelaksanaannya, dalam upaya menciptakan joyful learning. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi dokumentasi, observasi dan wawancara, teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyadian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat diidentifikasi bahwasannya strategi dalam mewujudkan optimallisasi manajemen pendidikan diperlukan upaya memberdayakan komite sekolah, dan memaksimalkan kompetensi dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan untuk merealisasikan joyful learning pada peserta didik

References

A. I. Sari, M. Syaifuddin, and T. Andriani, “Optimalisasi Manajemen Strategis Prasarana Pendidikan,” vol. 1, no. 4, pp. 814–822, 2023.

A. Sirojuddin, “Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar,” vol. 1, pp. 131–139, 2020.

A. Andriyan and N. H. Yoenanto, “Optimalisasi penerapan dan pengelolaan manajemen berbasis sekolah : literatur review,” vol. 10, no. 1, pp. 14–27, 2022.

W. Suprapto, B. Maftuh, H. Sjamsuddin, and E. Malihah, “Pengembangan Desain Awal Model Resolusi Konflik dalam Pembelajaran IPS/ Early Design Development of Conflict Resolution Models in Social Studies Learning,” J-PIPS (Jurnal Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos., vol. 7, no. 2, pp. 133–148, 2021, doi: 10.18860/jpips.v7i2.11903.

S. Musa, S. Nurhayati, R. Jabar, D. Sulaimawan, and M. Fauziddin, “Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak,” vol. 6, no. 5, pp. 4239–4254, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2624.

A. Permatasari, B. Mulyani, and N. Nurhayati, “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2012/2013,” J. Pendidik. Kim., vol. 3, no. 1, pp. 117–122, 2014.

C. P. Bhakti, M. A. N. Ghiffari, and K. Salsabil, “Joyful Learning: Alternative Learning Models to Improving Student’s Happiness,” J. VARIDIKA, vol. 30, no. 2, pp. 30–35, 2019, doi: 10.23917/varidika.v30i2.7572.

Sugiyono, metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D, 2nd ed. Bandung: ALFABETA cv, 2019.

J. W. Creswell, Research Design Pendekatan Kualitataif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: pustaka pelajar, 2016.

O. dan D. S. Liliyafi, “Joyful Learning Journal,” Unnes.Ac.Id, vol. 7, no. 3, pp. 29–38, 2018, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230.

R. J. Putri and T. Rahman, “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Penerapan Model Pembelajaran Multiple Intelligences untuk Menyiapkan Siswa di Era Super Smart Society 5 . 0,” vol. 3, no. 3, pp. 871–879, 2021.

B. Setiawan et al., “The Profile and Behaviour of ‘ Digital Tourists ’ When Making Decisions Concerning Travelling Case Study : Generation Z in South Jakarta,” vol. 17, no. 2, pp. 1–13, 2018, doi: 10.9734/AIR/2018/43872.

M. Syafari, “Manajemen Sumber Daya Manusia Ramah Lingkungan,” vol. 10, no. 03, pp. 145–158, 2022.

S. Hartati, A. Learning, O. Ended, K. Komunikasi, I. Pendahuluan, and S. Hartati, “Implementasi Accelerated Learning Berbantuan Masalah Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Aljabar Di SMA Negeri 1 Peusangan,” vol. 4, no. 1, 2023.

I. Mawardi, N. Usman, U. Muhammadiyah, and M. Indonesia, “Manajemen Strategik Gerakan Sekolah Menyenangkan Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” vol. 4, pp. 12–27, 2023.

H. N. Jaya and N. Idhayani, “Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal,” vol. 5, no. 2, pp. 1566–1576, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.911.

M. Parhan et al., “KONSEP INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM,” vol. 8, no. 1, pp. 41–48, 2022.

C. Isnaeni, S. Puspa, D. Nur, O. Rahayu, and M. Parhan, “Jurnal basicedu,” vol. 7, no. 5, pp. 3309–3321, 2023.

T. Tetep, “Social Media and Changes in Students ’ Learning and Social Behaviors,” 2021.

A. Dahlena, “Fun Pattern Based Learning Approach for Social Studies Learning during the Covid-19 Pandemic,” vol. 13, no. 3, 2021.

Downloads

Published

06-08-2024

How to Cite

Alni Dahlena, & Muhamad Parhan. (2024). JOYFUL LEARNING IN SOCIAL STUDIES IS ACHIEVED THROUGH OPTIMAL EDUCATIONAL MANAGEMENT. Journal Civics And Social Studies, 8(1), 94–103. https://doi.org/10.31980/journalcss.v8i1.488