KEMAMPUAN SISWA SMA KELAS XI SE-KABUPATEN GARUT DALAM MENULIS KARANGAN DITINJAU DARI ASPEK PENGGUNAAN EYD

Agus Yusup, yoyo surjakusuma, Asep Nurjamin

Abstract


Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa  Kelas XI dalam Menulis  Karangan  Ditinjau dari Aspek Penggunaan EYD ”. (Analisis Deskripsif Kualitatif  pada Siswa  SMA Se-Kabupaten Garut Tahun Palajaran 2016/2017). Penelitian ini dilatarbelakangi adanya  kenyataan bahwa kebanyakan  siswa belum memahami   cara menulis karangan yang benar dibuktikan perolehan nilai  hasil ulangan akhir semester yang masih  di bawah nilai KKM. Melihat kenyataan seperti itu,  penulis   mencoba  mengkaji, mengapa para siswa belum memahami cara menulis karangan yang benar. Penulis barharap dengan adanya kajian  ini, kesalahan yang terdapat dalam karangan  dapat dihindari.  Sebagai landasan teoretis dalam penelitian ini meliputi teori menulis, pengertian karangan,  pedoman EYD. Metode yang penulis gunakan untuk menganalisis karangan ini adalah metode deskriptif yaitu suatu cara  untuk menganalisis karangan siswa agar mengetahui permasalahan yang terdapat gdalam karangan tersebut, khususnya kesalahan aspek penggunaan EYD. Adapun rumusan masalah yang menjadi kajian penulis adalah bagaimana kesalahan ejaan pada aspek pemakaian huruf kapital, kesalahan penulisan kata depan, dan kesalahan pemakaian tanda baca pada karangan siswa sering ditemukan. Sedangkan tujuan penelitian yang ingin penulis capai sebagai berikut, mendeskripsikan kesalahan ejaan pada aspek pemakaian huruf kapital, penulisan kata depan ,dan pemakaian tanda baca yang terdapat dalam karangan siswa

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi,

Bandung : PN Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,

Bandung : PN Rineka Cipta.

Badudu, Yus.1984. Pelik-Pelik Bahasa Indonesia, Bandung : PN CV Pustaka

Prima.

__________, 1989. Ejaan bahasa Indonesia:, Bandung : PN CV Pustaka Prima.

Depdikbud, 1986. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan, Jakarta : PN Balai Pustaka.

Hidayat, Kosadi. 1995. Perencanaan pengajaran Bahasa Indonesia, Bandung: CV

Binacipta.

Keraf, Gorys, 1988. Komposisi, Ende Flores : PN Nusa Indah.

Surakhmad, Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode, dan Teknik, Bandung : PN Tarsito.

Suhendar, M.E. 1992. MKDU. Bahasa Indonesia Pengajaran dan ujian Keterampilan Membaca dan Menulis, Bandung: PN Pionir Jaya.

Syamduddin, A.R. 1989. Bimbingan Karang-Mengarang Teknis dan Redaksional, FPBS – IKIP Bandung.

http://cakrabuwana.files.wordpress.com/2008/09/rina-ekawati-bab-71.pdf

http://endonesa.wordpress.com/bahasan-

Lyons, John. 1995. Pengantar Teori Linguistik. Jakarta : PT gramedia pustaka utama.

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, Mohamad.2012, Strategi Kognetif dalam Proses Pembelajaran.

Bandung :Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31980/linguasastra.v1i1.207

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/linguasastra.v1i1.207.g225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License