Journal History

Pada awalnya jurnal ini dibuat untuk keperluan publikasi dosen pendidikan matematika STKIP Garut. Seiring dengan perkembangannya, tidak hanya dosen pendidikan matematika STKIP Garut tetapi melibatkan dosen perguruan tinggi lain di bidang matematika dan pendidikan matematika, guru matematika, dan mahasiswa matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup penelitian meliputi pendidikan matematika di tingkat pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, jurnal ini diberi nama Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Nama Mosharafa diambil dari seorang tokoh matematikawan dari daerah timur. Volume pertama jurnal Mosharafa ini dimulai dengan pada tahun 2012 dengan diseminasi melalui jurnal versi cetak. Sementara itu, Mosharafa memulai diseminasi tambahan melalui versi online dimulai dari Volume 5 Edisi Bulan September 2016 dengan alamat url http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa. Mosharafa bertahan di domain ini hingga tahun 2018.

Di tahun 2018, STKIP Garut berubah nama menjadi Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut. Oleh karena hal tersebut, homebase Jurnal Mosharafa berubah menjadi Program Studi Pendidikan Matematika IPI Garut. Tidak hanya itu, domain jurnal pun dipertengahan tahun 2018 berpindah, yang awalnya http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa pindah ke http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa seiring dengan perubahan nama kampus dan juga kolektifitas data jurnal yang ada di kampus IPI Garut. Berpindahnya domain Mosharafa dimulai dari Volume 7 Nomor 2 Edisi Mei 2018. Selain itu, di tahun ini pun Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika terakreditasi SINTA 4 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 21/E/KPT/2018 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018.

Seiring waktu berjalan, perbaikan dilakukan sedikit demi sedikit, seperti penerapan Mendeley untuk alat cek referensi, penggunaan PlagiarismChecker dan Turnitin sebagai alat cek plagiasi, perubahan kecil format template guna melengkapi persyaratan untuk akreditasi, dan sebagainya.

Re-akreditasi kembali telah diajukan pada tanggal 8 Juli 2019, setelah melakukan berbagai perbaikan yang cukup signifikan di berbagai hal. Hasilnya adalah peringkat SINTA Moshafara: Jurnal Pendidikan Matematika naik dari peringkat 4 ke peringkat 3. Akreditasi baru ini berlaku 5 tahun dimulai dari terbitan volume 8 nomor 2 edisi mei 2019.