Application of Scaffolding on Ethnomatematics-Based Construction Errors

Authors

  • Laily Ambarwati UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Indah Wahyuni UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1191

Keywords:

Kesalahan Kontruksi Konsep, Bangun Datar Berbasis Etnomatematika, Scaffolding, Concept Construction Error, Ethnomatematics-Based Flat Building

Abstract

Kesalahan dalam pembentukan konsep matematika sering dilakukan oleh siswa. Diperlukan bantuan berupa scaffolding untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian dengan metode kualitatif deskriptif ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa dalam mengkonstruksi konsep bangun datar dengan pemberian scaffolding. Subjek penelitian yaitu empat siswa kelas VII salah satu SMP di Jembe, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Subjek tersebut mempunyai kriteria melakukan banyak kesalahan dan memiliki keterampilan komunikasi lisan yang baik. Instrumen penelitian berbentuk soal tes. Teknis analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan scaffolding conceptual development sesuai untuk mengatasi kesalahan konstruksi konsep pada indikator pseudo contruction "Benar" pseudo contruction “Salah”. Scaffolding explaning tepat untuk indikator lubang konstruksi dan Mis-analogical Construction, sedangkan scaffolding reviewing tepat untuk indikator mis-logical contruction. Hasil pemberian scaffolding tersebut menunjukkan bahwa penerapan scaffolding yang sesuai dapat memperbaiki kesalahan kontruksi konsep yang dilakukaan oleh peserta didik.

Mistakes in forming mathematical concepts are often made by students. Assistance in the form of scaffolding is needed to overcome this problem. This research using a descriptive qualitative method aims to analyze students' errors in constructing the concept of flat shapes by providing scaffolding. The research subjects were four class VII students from one of the junior high schools in Jembe, who were selected using a purposive sampling technique. This subject has the criteria of making many mistakes and having good oral communication skills. The research instrument is in the form of test questions. Technical data analysis is carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that scaffolding conceptual development is suitable for overcoming conceptual construction errors in the "Correct" pseudo construction and "Incorrect" pseudo construction indicators. Scaffolding explaning is appropriate for construction hole indicators and Mis-analogical Construction. Meanwhile, scaffolding reviewing is appropriate for indicators of mis-logical construction. The results of providing scaffolding show that applying appropriate scaffolding can correct concept construction errors made by students.

References

Al-Qonuni, S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa smp pada materi perbandingan dengan menggunakan four tier diagnostic test. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 205-214.

Anggraini, D., Kusmayadi, T. A., & Pramudya, I. (2018). Construction of The Mathematical Concept of Pseudo Thinking Students. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1).

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012010

Bakker, A., Smit, J., & Wegerif, R. (2015). Scaffolding and Dialogic Teaching in Mathematics Education: Introduction and Review. ZDM-Mathematics Education, 47(7), 1047–1065.

https://doi.org/10.1007/s11858-015-0738-8

Fitriya, Y., Kurniawan, H. L., & Latif, A. (2023). Development of Mathematical Cognitive Test Instruments on Fraction Materials for Elementary School Students Based on Idea Exploration Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 557-570.

Handoko, H. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Scaffolding Berbasis Karakter. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 411-422.

Inganah, S., Nabila, A. I., & Putri, O. R. U. (2021). Kesalahan Konstruksi Konsep Matematis Dalam Proses Representasi Visual Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1776.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3993

Komarudin. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking Dan Pemberian Scaffolding. Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 7, 202–217.

https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/96

Kristanti, D. (2020). Scaffolding Sebagai Upaya Mengatasi Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo. VYGOTSKY, 2(1), 54. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.193

Laamena, C. M. (2019). Strategi Scaffolding Berdasarkan Gaya Belajar Dan Argumentasi Siswa: Studi Kasus Pada Pembelajaran Pola Bilangan. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 13(2), 085–092.

https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss2pp085-092ar809

Masnia, F., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP. In Journal for Research in Mathematics Learning, 2(3).

Milazoni, T. R., Maison, M., & Nizlel, N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi Dan Pemberian Scaffolding. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1).

https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4705

Muqtada, M. R., Krisma, D. A., & Pradanti, P. (2022). Analisis Kesalahan Konstruksi Konsep Peserta Didik Kelas X Pada Materi Operasi Bentuk Akar. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2):141-154

Ni’mah, R., Sunismi, & Fathani, A. H. (2018). Kesalahan Konstruksi Konsep Matematika Dan Scaffolding-Nya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 162-171.

Ningsih, Y., L. (2018). Pemahaman Mahasiswa Terhadap Persamaan Diferensial Biasa Berdasarkan Teori APOS. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajarab Matematika, 11(1).

http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2995

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 115–122.

Puspitasari, T., & Santosa, A. H. F. (2021). Konstruksi Konsep Trigonometri Bagi Siswa Sma Berdasarkan Teori APOS. Wilangan, 2(4), 178-195.

Putra, Y., Huda, N., & Zurweni, Z. (2023). Kesalahan Konstruksi Konsep Matematika Berdasarkan Teori APOS Pada Materi Program Linear Dan Pemberian Scaffolding. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1628.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5292

Safitri, A. I., & Jaenudin, S. (2021). Konstruksi Konsep Fungsi Matematis Bagi Siswa Sma Berdasarkan Teori APOS. Wilangan, 2(3), 149-165.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4, 257–269.

Sihite, J., Wyrasti, A. F., Irnandi, I., & Matematika, J. P. (2022). Students’ Concept Construction Errors in Online Learning. JTAM: Jurnal teori dan Aplikasi Matematika, 6(1), 22–35.

https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.5337

Susilo, C. Y., & Prihatnani, E. (2022). Scaffolding for Slow Learner Children on Integer Operations. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(1).

https://doi.org/10.15294/kreano.v13i1.34363

Susilowati, P. L., & Ratu, D. N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman Dan Scaffolding Pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13-24.

Sutama, Prayitno, H. J., Ishartono, N., & Sari, D. P. (2020). Development of Mathematics Learning Process by Using Flipped Classroom Integrated by STEAM Education in Senior High School. Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3690–3697. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080848

Umbara, U. (2017). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika. In Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1).

Wulandari, S., Kamid, K., & Haryanto, H. (2021). Analisis Kesalahan Kontruksi Konsep Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Pemberian Scaffolding. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2801. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4151

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Ambarwati, L., & Wahyuni, I. (2023). Application of Scaffolding on Ethnomatematics-Based Construction Errors. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 783–794. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1191

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.