Feasibility of Opportunity Material Module with Joymath Cognitive Behavioral Method to Reduce Mathematics Anxiety and Increase Student Self-Efficacy
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i3.2188Keywords:
Efikasi Diri, Kecemasan Matematika, Matematika, Modul, Self-efficacy, Mathematics Anxiety, Mathematics, ModuleAbstract
Siswa memerlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan efikasi diri. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan modul untuk mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan efikasi diri siswa pada materi peluang. Penelitian Research and Development ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sumber data dan subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru, dan 1328 siswa dari 24 SMP di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, Focus Group Discussion (FGD), dan angket. Hasil menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan yaitu modul materi peluang untuk mengurangi kecemasan matematis dan meningkatkan efikasi diri siswa layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Pengambilan keputusan kelayakan produk didasarkan pada hasil analisis penilaian dari validator, ahli materi, dan ahli media yang menunjukkan bahwa modul sangat valid dan berpeluang menurunkan kecemasan matematis dan meningkatkan efikasi diri siswa.
Students need learning media that can help students reduce mathematics anxiety and increase self-efficacy. The aim of the research is to develop a module to reduce mathematics anxiety and increase students' self-efficacy in opportunity material. This Research and Development research uses the ADDIE model with five development stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The data sources and subjects in this research were material experts, media experts, teachers, and 1328 students from 24 junior high schools in Yogyakarta City. The data collection techniques used were interviews, observation, Focus Group Discussion (FGD), and questionnaires. The results show that the product developed, namely the opportunity material module to reduce mathematical anxiety and increase students' self-efficacy, is suitable for use in mathematics learning. Decision making on product feasibility is based on the results of assessment analysis from validators, material experts and media experts which show that the module is very valid and has the opportunity to reduce mathematical anxiety and increase student self-efficacy.
References
Afriansyah, E. A., Nurjamilah, E., Sumartini, T. S., Hamdani, N. A., & Maulani, G. A. F. (2024, November). Students Mathematical Understanding of Social Arithmetic in Terms of Student Self-Efficacy. In 4th International Conference on Education and Technology (ICETECH 2023) (pp. 691-708). Atlantis Press.
Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. Journal Elmentary Education, 1(2), 28-40.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12-22.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman.
Chi, M. T. (1997). Quantifying qualitative analyses of verbal data: A practical guide. The journal of the learning sciences, 6(3), 271-315.
Dorland. (2018). Dorland's Illustrated Medical Dictionary. 32nd Edition. Elsevier.
Hastuti, W. H., & Yoenanto, N. H. (2019). Pengaruh Self-Regulated Learning, Kecemasan Matematika, Dukungan Sosial Guru Matematika, dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp Negeri “X” Surabaya. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 116-130.
Indrawati, F. (2019). Hambatan dalam Pembelajaran Matematika. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1), 62-69.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.
Leonard, L., Suhendri, H., Hasbullah, H., Mevianti, A., & Puteri, N. C. (2022). Identifikasi Materi yang Dianggap Sulit untuk Pelajaran Matematika pada Jenjang SMP Kelas 8. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 560-567.
Maharani, R. D., Dasari, D., & Nurlaelah, E. (2022). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3201-3213.
Marhaeni, N. H., Khuzaini, N., Rizky, M. R. F., Yuniasanti, R., Akbar, M., Sari, D. S., & Dangin, D. (2024). Kelayakan Modul Materi Peluang dengan Metode Joymath Cognitive Behavioral untuk Menurunkan Kecemasan Matematika dan Meningkatkan Self-Efficacy Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 8, No. 1, pp. 86-94).
Maxey, D. C. (1997). Elaboration of explanation in collaborative intelligent tutoring systems. The University of Texas at Austin.
Miatun, A., & Ulfah, S. (2023). The Limited Face-To-Face Learning Implementation: Gender and Math Anxiety Towards Mathematical Conceptual Understanding. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 895-908. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1200
Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psychology: Concepts and Applications. Houghton Mifflin.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurliawati, E. (2022, September). Self-Healing Therapy untuk Mengatasi Kecemasan. In International Conference on Islamic Guidance and Counseling, 2, 295-300.
Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11-14.
Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik smp ditinjau dari self-efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143-154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.694
Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Soal Cerita Matematika pada Materi Peluang. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 671-678.
Riani, N., & Handayani, N. S. (2020). Dampak Stres Kerja Pustakawan pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(1), 97-114.
Rosyanti, L., Hadi, I., Antari, I., & Ramlah, S. (2023). Faktor Penyebab Gangguan Psikologis pada Penderita Penyakit Ginjal Kronis yang menjalani Hemodialisis: Literatur Reviu Naratif. Health Information: Jurnal Penelitian, 15(2).
Santoso, F. G., & Ariyanti, G. (2023). Student Anxiety Level When Going to College in the Mathematics Education Study Program with Mathematics Scores. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 531-544. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.825
Sari, D. P., Rahmat, T., Aprison, W., & Fitri, H. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MtSN 6 AGAM Tahun Pelajaran 2020/2021. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 2514-2526.
Sarkity, D., Elvi, M., Liana, M., & Fitriyah, D. (2020). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional Bidang Matematika Topik Statistika dan Peluang Pada Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 2(1), 27-36.
Siregar, N., Siregar, N., Fitriawan, D., Simanjuntak, E., & Rangkuti, Y. M. (2024). Gender Differences in Academic Performance: The Role of Self-Efficacy and Learning Motivation. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 503-516. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i2.1682
Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan api matematika. CV Jejak Publisher.
Tamba, K. P., & Bermuli, J. E. (2023). Pre-Service Biology Teachers’ Mathematics Anxiety. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 327-338. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.787
Wahyuningsih, D. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Cognitive Behavioral Therapy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari, N. N. A., Candiasa, I. M., & Sugiarta, I. M. (2023). Model Struktural Konsep Diri, Kecemasan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(1), 1-16.
Yuliana, C., Zahro, S. A. A., & Rohmah, A. N. N. (2024). Pengaruh Integral di Berbagai Bidang dalam Kehidupan Sehari-Hari. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 80-90.
Zay, D. A., & Kurniasih, M. D. (2023). Exploring Math Anxiety Towards the Students’ Computer Self-Efficacy in Learning Mathematics. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 113-124. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.757
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.