Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika

Masita Ulil Syahara, Erna Puji Astutik

Abstract


Abstrak

Kreativitas sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah sehingga kemampuan berfikir kreatif sangat penting untuk dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa yang didasarkan pada kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika. Pendekatan pada penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu tiga siswa kelas VIII SMP di Surabaya yang masing-masing terdiri dari siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang didasarkan pada tiga indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi tiga indikator berpikir kreatif sehingga memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif 4 (sangat kreatif). Siswa berkemampuan matematika sedang memenuhi dua indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan (fluency) dan fleksibilitas (flexibility) sehingga memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif 3 (kreatif). Adapun siswa berkemampuan matematika rendah tidak memenuhi tiga indikator berpikir kreatif sehingga memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif 0 (tidak kreatif). Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa ditentukan oleh kemampuan matematika siswa.

 

Abstract

Creativity is needed to solve problems so that the ability to think creatively is very important for students to have. The purpose of this study was to describe the level of creative thinking of students based on high, medium, and low mathematical abilities. The approach of this research was descriptive qualitative. The subjects in this study were three students of class VIII SMP in Surabaya, each consisting of students with high, medium, and low math abilities. Data collection was carried out by test and interview techniques. The data analysis techniques used include the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions based on three indicators of creative thinking, namely fluency, flexibility, and novelty. The results of the study, it shows that students with high mathematical abilities meet the three indicators of creative thinking so that they have a creative thinking ability level of 4 (very creative). Students with medium mathematical abilities are meeting two indicators of creative thinking, namely fluency and flexibility so that they have a creative thinking ability level 3 (creative). Students with low mathematical abilities do not meet the three indicators of creative thinking so they have a creative thinking ability level of 0 (not creative). These results indicate that students 'creative thinking abilities are determined by students' mathematical abilities.


Keywords


Creative Thinking; Mathematical Ability; Two Variables Linear Equation Systems; Berpikir Kreatif; Kemampuan Matematika; SPLDV

Full Text:

PDF

References


Akbayir, K. (2019). An Investigation about High School Students' Mathematics Anxiety Level According to Gender. Journal of Education and Training Studies, 7(7), 62-70.

Amala, M. A., & Ekawati, R. (2016). Profil Proses Matematisasi Horizontal Dan Vertikal Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pecahan Ditinjau dari kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 300–309.

Amalia, N. R., Fajriah, N., & Sari, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Menggunakan Permasalahan Open-Ended. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).

Anwar, M., Muhammad Aness, Asma Khizar, Muhammad Naseer, & Gulam Muhammad. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 1–4.

Apino, E., & Retnawati, H. (2017, February). Developing instructional design to improve mathematical higher order thinking skills of students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 812, No. 1, p. 012100). IOP Publishing.

Artobatama, I. (2018). Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 40-47.

Ayuni, R., Firmansyah, D., Senjayawati, E., & Maya, R. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pada Materi Lingkaran. Jurnal Matematics Paedagogic, II(2), 139–148.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267-1273.

Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018). Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa SMP yang menggunakan pendekatan creative problem solving. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(2), 85-92.

Fahrudi, R., Maharani, A., & Fauzi, A. (2021). Pelatihan Tenaga Pendidikan di Sekolah Esa Sejahtera Pekanbaru: Sebuah Pendekatan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107-118.

Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 33-38.

Hanurrani, C. A., & Susanah. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 7–14.

Huriyah, N. M. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(6), 49–56.

Isna, N. N., & Kurniasari, I. (2018). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Open Ended Problem Materi Aritmatika Sosial Smp Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 607–613.

Januariawan, I. W., Wijaya, I. K. W. B., Supadmini, N. K., & Dewi, D. N. (2020). Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Open-Ended. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 125-140.

Krisnawati, E. (2012). Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–8.

Laduni, M. (2017). Kreativitas Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terbuka Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 55–67.

Markovits, Z., & Forgasz, H. (2017). “Mathematics is like a lion”: Elementary students’ beliefs about mathematics. Educational Studies in Mathematics, 96(1), 49-64.

Mufidah, I. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Segiempat dan Segitiga Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Di Kelas VII SMPN 1 Driyorejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 113–119.

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pola Barisan Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10.

Murtafiah, W. (2017). Profil kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam mengajukan masalah persamaan diferensial. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 73-81.

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-12.

Parrot, M. A. S., & Leong, K. E. (2018). Impact of Using Graphing Calculator in Problem Solving. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 139-148.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Strukrur Kurikulum Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Prihatiningsih, M., & Ratu, N. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 353-364.

Putri, A. S., & Mampouw, H. L. (2018). Profil berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal tipe-tipe perkalian ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika dan gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 34-46.

Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962

Putri, M. W. T., & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Gabungan Pada Materi Bangun Datar Di SMP Negeri 8 Salatiga Kelas VII. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 103–109.

Rafiqoh, S. (2020). Arah Kecenderungan dan Isu Dalam Pembelajaran Matematika Sesuai Pembelajaran Abad 21 Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58-73.

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.

Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511–520.

Saragih, S., & Napitupulu, E. (2015). Developing Student-Centered Learning Model to Improve High Order Mathematical Thinking Ability. International Education Studies, 8(6), 104–112. https://doi.org/10.5539/ies.v8n6p104

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439-450.

Saygılı, S. (2017). Examining the problem solving skills and the strategies used by high school students in solving non-routine problems. E-International Journal of Educational Research, 8(2), 91-114.

Siskawati, G. H., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Online. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 31-42.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada kurikulum 2013. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-9.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Sumartini, T. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Detect, Elaborate, and Review. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24.

Tohir, M., & Abidin, Z. (2018, April). Students creative thinking skills in solving two-dimensional arithmetic series through research-based learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1008, No. 1, p. 012072). IOP Publishing.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widodo, S. A., & Ikhwanudin, T. (2018). Improving mathematical problem-solving skills through visual media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012004). IOP Publishing.

Wulandari, S. P., Sujadi, I., & Aryuna, D. R. (2016). Profil Pemecahan Masalah SPLDV dengan Langkah Polya Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 724–732. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21778

Zubaidah, S., Fuad, N. M., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving creative thinking skills of students through differentiated science inquiry integrated with mind map. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 77-91.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats