Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat

Puji Nurkamilah, Ekasatya Aldila Afriansyah

Abstract


Abstrak

Beberapa hasil penelitian terdahulu menunjukan adanya miskonsepsi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk miskonsepsi yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai bentuk miskonsepsi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan bilangan berpangkat. Penelitian dilaksanakan di MTsN 2 Garut dengan sumber data dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa, masing-masing siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang dan siswa berkemampuan rendah dalam pembelajaran matematika. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes, disertai wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat siswa yang mengalami miskonsepsi generalisasi, miskonsepsi notasi, miskonsepsi penspesialisasian, dan miskonsepsi bahasa.

 

Analysis of Students' Misconceptions on Exponential Numbers

Abstract

Some of the results of previous studies indicate that there exist misconceptions encountered by students in solving exponential questions. This study intends to investigate the classification of misconceptions that students frequently do in solving exponential questions. The kind of research employed in this research is qualitative analysis. This intends to get a broad understanding of the form of misconceptions experienced by students in solving problems related to exponents. The study was conducted at MTsN 2 Garut with the source of the data in this study were three students, each student with high intelligence, students with medium intelligence, and students with low intelligence in learning mathematics. The instrument in this study was a test in the form of an essay, followed by interviews. From the study results, it was discovered that there were students who had the misconception of generalization, the misconception of notation, the misconception of specialization, and the misconception of language.


Keywords


exponential words; qualitative; misconception; bilangan berpangkat; kualitatif; miskonsepsi

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A. (2012). Design Research: Konsep Nilai Tempat pada Penjumlahan Bilangan Desimal. Tesis yang tidak dipublikasikan berasal dari Beasiswa DIKTI dengan program IMPoME (International Master Program on Mathematics Education). Universitas Sriwijaya Palembang–Universitas UTRECHT Belanda.

Afriansyah, E. A., & Dahlan, J. A. (2017). Design Research in Fraction for Prospective Teachers. In 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017). Atlantis Press.

Febriyani, V. D. (2015). Analisis Keasalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Siswa Kelas X SMK Kanisius 1 Pakem Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Ikram, R. L., Suharto, S., & Setiawani, S. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Persamaan Kuadrat Satu Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender. KadikmA, 9(3).

Latifah, U. L. N., Wakhyudin, H., & Cahyadi, F. (2020). Miskonsepsi Penyelesaian Soal Cerita Matematika Materi FPB dan KPK Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 181-195.

Nurtasari, A. R., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Miskonsepsi Siswa pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Santa Monika Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2). 1-10.

Pinahayu, E. A. R. (2016). Problematika pembelajaran matematika pada pokok bahasan eksponen dan alternatif pemecahannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Pratama, A. P. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Statistika. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 28(1).

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3). 439-450.

Siagian, P., & Surya, E. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanti, S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan melalui Pendidikan Matematika Realistik pada Siswa Kelas IV C SD Negeri 08 Pulau Punjung. Education and Training, 1(2), 122-127.

Utami, R. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Dan Cara Mengatasinya Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII-C SMP Negeri 13 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(1). 37-44.

Wahyuni, T. N., Yusmin, E., & Suratman, D. (2016). Miskonsepsi Siswa pada Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Akar di Kelas X SMKN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11). 1-16..

Yanti, R. A. (2017). Analisis kemampuan berpikir aljabar siswa berdasarkan miskonsepsi (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats