Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis

Farah Febrianingsih

Abstract


Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan siswa untuk menemukan jalan penyelesaian yang tidak biasa, unik dan belum pernah ditemukan oleh orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 5 siswa kelas VII SMP/MTs di Brebes. Tingkat kemampuan berpikir kreatif dibagi menjadi 5 yaitu, kreatif sekali, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif dan tidak kreatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan 5 soal essay materi Aritmatika Sosial yang memuat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency), kelenturan (flexybility), keaslian (originallity) dan kerincian (elaboration). Pada penelitian ini, diperoleh 3 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir sangat kreatif, 1 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif dan 1 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif yang rendah.

 

 

 

Students' Creative Thinking Skills in Solving Mathematical Problems

 

Abstract

The ability to think creatively is the ability of students to find solutions that are unusual, unique, and have never been found by others. The purpose of this study was to determine the level of creative thinking skills possessed by students. The approach in this study uses descriptive qualitative research. The subjects of this study were 5 seventh-grade students of SMP/MTs in Brebes. The level of creative thinking ability is divided into 5, namely, very creative, creative, quite creative, less creative, and not creative. Data collection was carried out by giving 5 essay questions on Social Arithmetic material that contained indicators of creative thinking skills, namely fluency, flexibility, originality, and elaboration. In this study, it was found that 3 students had a very creative thinking ability level, 1 student had a creative thinking ability level and 1 student had a low creative thinking ability level.

 


Keywords


Ability to think creatively; Problem-solving mathematical problems; Level of ability to think creatively; Kemampuan berpikir kreatif; Soal pemecahan masalah matematis; Tingkat kemampuam berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References


Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.

Handoko, H., & Winarno, W. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Scaffolding Berbasis Karakter. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 411-422.

Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 80.

Herdani, P. D., & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Open–Ended Problem pada Materi Bangun Datar Segi Empat. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 9-16.

Listiani, T. (2020). Penggunaan Model PACE dalam Pembelajaran Geometri Topik Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 407-418.

Moma, L. (2016). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1).

Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60.

Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah di Tinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323-332.

Suparman, T., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Beripikir Kreatif Matematis Siswa Smp. Journal On Education, 1(2), 503-508.

Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201-212.

Tadda, M., Tiro, A., & Djadir. (2018). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Memecahkan Masalah Open-Ended pada Siswa SMKN 1 SULI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425-436.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats