Pengembangan Mobile Learning PINTHIR Berbasis Android sebagai Sumber Belajar dan Sarana Mengerjakan Soal Trigonometri SMA

Andrean Widyatama, Fika Widya Pratama

Abstract


Abstrak

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, media pembelajaran mengalami perkembangan yang pesat terutama media pembelajaran berbasis teknologi, yaitu smartphone. Namun sangat disayangkan bahwa penggunaan smartphone di Indonesia, didominasi oleh kegiatan komunikasi dan hiburan daripada kegiatan belajar. Masalah yang ditemukan ini, memotivasi sebuah penelitian pengembangan tentang aplikasi Mobile Learning yang dibuat dengan Android Studio sebagai sumber belajar dan sarana mengerjakan soal trigonometri SMA. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan Mobile Learning yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas XI MIPA 2 dan 3 Semester 2 Tahun Ajar 2020/2021 SMA Kristen Satya Wacana sejumlah 10 peserta didik. Hasil validasi membuktikan bahwa Mobile Learning yang dikembangkan valid serta praktis. Hasil uji coba membuktikan bahwa aplikasi Mobile Learning dikategorikan layak dipakai dalam pembelajaran. Hasil pretest serta posttest juga menunjukkan bahwa Mobile Learning efektif meningkatkan hasil belajar, kemudian efektif menjadi sarana belajar serta mengerjakan soal matematika.

 

 

The Development of Android-based PINTHIR Mobile Learning as a Learning Source and Media for Solving Trigonometry Problem in High School

 

Abstract

Along with the times and technology, learning media has experienced rapid development, especially technology-based learning media, namely smartphones. However, it is unfortunate that the use of smartphones in Indonesia is dominated by communication and entertainment activities rather than learning activities. This problem found motivates development research on the Mobile Learning application made with Android Studio as a learning resource and a means of working on high school trigonometry problems. The research objective is to develop valid, practical, and effective Mobile Learning. This research is development research using the ADDIE model. The research subjects were 10 students of class XI MIPA 2 and 3 Semester 2 of the 2020/2021 Satya Wacana Christian High School. The validation results prove that the developed Mobile Learning is valid and practical. The trial results prove that the Mobile Learning application is categorized as suitable for use in learning. The results of the pretest and posttest also show that Mobile Learning is effective in improving learning outcomes, as well as being an effective means of learning and working on trigonometry questions.

 


Keywords


Android; Mathematics; Mobile Learning; Trigonometry; High School; Android; Matematika; Mobile Learning; Trigonometri; SMA

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A., Madio, S. S., Sumartini, T. S., Mardiani, D., Nurulhaq, C., Sritresna, T., & Nuraeni, R. (2020). Jotform Application Training for Making Questionnaire and Attendance Forms. Journal Pekemas, 3(2), 26-32.

Anggoro, I. F., & Yunianta, T. N. H. (2018). Development of Learning Media Website- Based for Trigonometry. Pendidikan Matematika, 4, 253–260.

Kaonang, G. (2016). Memahami Tren Penggunaan Smartphone di Indonesia Berdasarkan Usia.

Kominfo. (2017). Survey Penggunaan TIK (Kominfo (ed.); 1st ed., Vol. 1). Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital (C. dan B. S. Kustandi (ed.)). Ghalia Indonesia.

Pratama, R. A., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2018). Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 771–777.

Puspendik. (2019). Pusat Penilaian Pendidikan: Laporan Hasil Ujian Nasional.

Putriani, D., Waryanto, N. H., & Hernawati, K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Program Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Smp Kelas 8. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 1–10.

Ramadan, F. A., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Learning Rensi (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 42–50.

Sastrawati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. Jurnal IJER, 2(2), 72–76.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92.

Sharma, S. dkk. (2017). Jelajah Matematika SMA Kelas X Program Wajib (Aden R.K (ed.); 2nd ed., Vol. 1). Yudhistira.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Reseacrh and Development/R&D) (1st ed., Vol. 1). Alfabeta.

Wirodikromo, S., & Darmanto, M. (2019). Matematika untuk SMA/MA Jilid 1 Kelas X Kelompok Wajib (S. S. Taryo & M. P. Bambang Sutrisno (eds.); 1st ed., Vol. 1). Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats