Pengembangan Media Operasi Bentuk Aljabar “OPERAL” Berbasis Adobe Animate CC

Anisa Sholikhah, Novisita Ratu

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) yang mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis adobe animate cc. Tujuan penelitian yaitu mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran yang dikembangkan dan diberi nama “OPERAL”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap analysis, desaign, development, implementasion dan evaluation. Subjek dalam penelitian merupakan 20 peserta didik kelas VIIB salah satu SMPN di Kabupaten Boyolali. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan media dan lembar keefektifan media. Keefektifan media dianalisis dengan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian diketahui media pembelajaran “OPERAL” valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media belajar dalam materi operasi bentuk aljabar dengan kategori sangat baik. Begitu juga hasil analisis dari lembar respon peserta didik mendapatkan tanggapan positif. Media “OPERAL” dapat digunakan untuk membantu peserta didik belajar operasi bentuk aljabar.

The purpose of the study was to determine the validity, practicality, and effectiveness of the learning media that was developed and named "OPERAL". The research method used is the ADDIE research method which consists of five stages analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects in the study were 20 students of class VIIB of one of the junior high schools in Boyolali Regency. The instruments used were validation sheets, media practicality sheets, and media effectiveness sheets. The effectiveness of the media was analyzed by the Wilcoxon test. Based on the results of the study, it is known that the "OPERAL" learning media is valid, practical, and effectively used as a learning medium in the algebraic form of operation material with a very good category. Likewise, the results of the analysis of the student response sheets received positive responses. Media "OPERAL" can be used to help students learn the operations of algebraic forms.


Keywords


ADDIE; adobe animate CC; operasi bentuk aljabar; ADDIE; adobe animate CC; operations of algebraic forms

Full Text:

PDF

References


Cahya, A. Z. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Operasi Bentuk Aljabar Untuk Peserta didik SMP Kelas VII Menggunakan Macromedia Flash 8. Skripsi Pendidikan Matematika UMPWR: Tidak Diterbitkan.

Cholifah, S. N., Rahayu, W., & Meiliasari, M. (2021). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android menggunakan Adobe Animate CC dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1).

Dewi, R. P., & Afriansyah, E. A. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39-52.

Dick, & Carey (1996). The Systematic Dessign of Instuction. New York: Harper Collins Publishers.

Dyah, A. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 9-18.

Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77-86.

Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 69-82.

Frastica, Z. R. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Melalui Pendekatan OPEN-ENDED Pada Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi Progam Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Tidak Diterbitkan.

Ghina, A. (2019). Keefektifan Media Pembelajaran Adobe Animate Cc Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Iii Sdn Poncol 01 Kota Pekalongan. Thesis Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNNES: Tidak Diterbitkan.

Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud No. 37 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Lawrence, J. E., & Tar, U. A. (2018). Factors That Influence Teachers’ Adoption and Integration of ICT in Teaching/Learning Process. Educational Media International, 55(1), 79-105.

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.

Luritawaty, I. P., Herman, T., & Prabawanto, S. (2022). Analisis Cara Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 191-202.

Mutia, L., Gimin, G., & Mahdum, M. (2020). Development of Blog-Based AudioVisual Learning Media to Improve Student Learning Interests in Money and Banking Topic. Journal of Educational Sciences, 4(2), 436-448.

Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83-92.

Putra, Z. H., Hermita, N., & Alim, J. A. (2021). Analisis Pengetahuan Matematika, Didaktika, dan Teknologi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 345-356.

Putri, N. K., Candiasa, I. M., & Suweken, G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Transformasi Berbasis Geogebra. Jurnal Wahana Matematika Dan Sains, 10(2), 25–35.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rahayu, D. V., Muhtadi, D., & Ridwan, I. M. (2022). Pedagogical Content Knowledge Guru dalam Pembelajaran Matematika Daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 281-292.

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290.

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439-450.

Soedjadi, R. (1995) Memantapkan Matematika Sekolah Sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran (Makalah). Seminar Nasional Pendidikan Matematika FPMIPA – IKIP Medan.

Sugianto, R., Darmayanti, R., & Vidyastuti, A. N. (2022). Stage of Cognitive Mathematics Students Development Based on Piaget's Theory Reviewing from Personality Type. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 17-26.

Stoet, G., & Geary, D. C. (2018). The genderequality paradox in science, technology, engineering, and mathematics education. Psychological science, 29(4), 581-593.

Toheri, T., Kismeina, A., & Persada, A. R. (2022). Keterampilan Guru Matematika Se-Kabupaten Kuningan dalam Pemanfaatan Platform Pembelajaran Online Masa Pandemic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 269-280.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats