PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barrows, H. dan Kelson, A. (2001). Problem Based Learning (on line). Tersedia. http://www.meli.dist.maricopa.edu/pbl/info.html. [4 Februari 2005]
Danielson, Charlote & Marquez, Elizabeth. (1998). A Collection of Performance Task And Rubrics: High School Mathematics. Larchmont, NY: Eye On education, Inc.
Herman, T. (2006). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Disertasi pada PPS Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak Diterbitkan.
Jacob, C. (2002). “Matematika sebagai Komunikasi”. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. (8). 378-382.
Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep Karakteristik Implementasi). Bandung: Rosdakarya.
NCTM. [National Council of Teachers of Mathematics]. (2000a). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM.
NCTM. [National Council of Teachers of Mathematics]. (2000b). Mathematics Assesment: A Practical Handbook for Grades 6-8. Reston, VA: NCTM.
Pugalee, D.A. (2001). Using Communication to Develop Students’ Mathematical Litarcy. JRME. V6 January 2001.
Purniati, T. (2003). Matematik Pembelajaran Geometri Berdasarkan Tahap-tahap Awal Van Hiele dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Tesis pada PPS Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak Diterbitkan.
Ram, P. (1999). Problem-Based Learning in Undergraduate Education. Journal of Chemical Education Vol. 76 No. 8 Agustus 1999. JChem Ed. Chem.wisc.edu. (on line).[Tersedia]. http://www.jchemed.chem.wisc.edu Links Journal JCE1999p1122. [Januari 2007]
Riedesel, C.A. (1990). Teaching Elementary School Mathematics. Boston: Allyn Bacon.
Rohaeti, E. E. (2003). Pembelajaran dengan Metode IMPROVE untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SLTP. Tesis pada PPS Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak diterbitkan.
Stepien, W.J., dan Gallagher, S.A. (1993). “Problem Based Learning: as Authentic as is Gets”. “Edicational Leadership”. (On Line). Tersedia: http://www.ascd.org/reading [4 Februari 2005].
Sumarmo, Utari. (2003). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah Disajikan pada Pelatihan Guru Matematika di STKIP Siliwangi Ciamis. Bandung: Tidak Diterbitkan.
DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats