TRAINING BY DOING

Cici Nurul Haq

Abstract


Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dibutuhkan pengetahuan, kecerdasan, keterampilan, kemandirian, kreatifitas, inovasi yang dilandasi komitmen tanggung jawab pendidikan baik horizontal maupun vertikal yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dimulai para pengambil kebijakan sampai ujung tombak. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional tertuang dalam pasal 3 Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


Keywords


training; pembelajaran; konsep kurikulum

Full Text:

PDF

References


BSNP, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta, 2006.

Direktorat Tendik Ditjen Dikdasmen Depdiknas, Standar Kompetensi Guru SMA, Jakarta, 2004

Dit PLP Ditjen Dikdasmen Depdiknas, Pedoman Umum Sistem Penilaian Hasil Belajar Berbasis Komptensi Siswa SMP , Jakarta 2003

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2003.

Erman Suherman dan Yaya Sukjaya K, Petunjuk Praktis Untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika, Bandung, Wijayakusumah 157, 1990

Erman Suherman dan Yaya Sukjaya K, Petunjuk Untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika, Bandung, Wijayakusumah 157, 1990.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

Randall S. Schuler dan Susan E. Jackson, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Erlangga, 1997.

Soetjiptro dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Jakarta, Rineka Cipta, 2004.

Sudarwan Danim, Inovasi Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia, 2002.

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara,

Umaedi, Manajemen Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta, Pusat Kajian Mutu Pendidikan, 2004

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats