PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK ANTAR SISWA YANG MENDAPATKAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN JIGSAW

Dede Miftahul Mubarok, Nanang Nanang

Abstract


Abstract:

The Purpose of research is to know the differences of ability problem-solving mathematics between students who get Problem Based learning (PBL) with Jigsaw and for know respons students the model of learning who give. The results this  research  indicate: Not differences of ability problem solving mathematics between students who get Problem Based learning (PBL) learning with the students who get jigsaw learnin. Response the students between experiment class 1 who get learning of model Problem Based learning (PBL) with the students who get learning of model jigsaw, Response the students show positive response although sometimes there students who show negative response.

Keywords


Differences; Problem Based Learning (PBL); Jigsaw; mathematical problem-solving skills

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Kerjasama Departemen Pendidikan & Kebudayaan dan Rineka Cipta.

Firdaus. L (2007). “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achivement Devision (STAD)”. Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Hidayatulloh, R.(2006) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika memggumakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Model Pembelajaran Konvensional. Skripsi Pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP - Garut: Tidak diterbitkan.

Hidayat, R (2007). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Jaelani, D (2013). “Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving (RPS)”. Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Kartiwa, I (2008). “Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa” Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Mulyadi, H (2002) “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koopeatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal - Soal Matematika”. Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Ngalimun, 2012. “Strategi dan Model Pembelajaran”. Banjarmasin: cripta Cendekia.

Rahadi, M. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Garut: Tidak diterbitkan.

Risma. (2007). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi Pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP - Garut: Tidak diterbitkan.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran Mengembangkan Propesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sundayana, R. (2013). Komputasi Data Statistika. Garut: STKIP Garut Press.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur : Bumi Aksara.

Pribadi, Y (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) danNumbered Head Together (NHT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa( Studi Eksperimen di SMPN I Tarogong Kidul). Skripsi Pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP - Garut: Tidak diterbitkan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats