PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

Eva Noviani Sutisna, Nanang Nanang

Abstract


Abstract:

In Mathematic Subject, the quality of inter pretation and respon are skill a special problem For the student, its because of math characteristic consists alot of terminology and symbols whitch is indicate that the ability of Math communicative is low. Base on that problem, to develop student’s Math Comunicative skill, the whiner would try to Find out the best way to Improve its skill. The wniter chooses Cooperative Learning Through Number Head Together (NHT) to develop student’s mayh communicative. In this research the wniter uses experimental method that she gererates the data to get detail result. The population of study is the student of VIII of MTs.Muhammadiyah Bayubud Wanaraja Garut. The wniter takes random sample of the student, after analiting and experimenting the development of student’s Math comunnicative ability through Cooperative Learning Number Head Together (NHT) is beter than a convertion one.

 

Abstrak:

Dalam matematika, kualitas interpretasi dan respon itu seringkali menjadi masalah istimewa. Hal ini sebagai salah satu akibat dari karakteristik matematika itu sendiri yang sarat dengan istilah dan symbol yang mengiindikasi bahwa kemampuan komunikasi matematika masih rendah. Berdasarkan masalah diatas, penulis mencoba mencari cara yang terbaik untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika siswa dengan pendekatan Kooperatif melalui teknik Number Head Together ( NHT). Penelitian ini penulis menggunakan metode kuasi eksperimen, polulasi yang diambila adalah kelas VIII MTs. Muhammadiyah Bayubud wanaraja Garut, dengan sempel acak. Setelah menganalisa dan eksperimen, diperoleh kesimpulan bahwa Kemampuan Komuniaksi Matematika siswa yang menggunakan pendekatan model pembelajaran Kooperatif Number Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan pembelajaran Konvensional.


Keywords


model pembelajaraan kooperatif; pendekatan number head together; kemampuan komunikasi matematis

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2008). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Ali, I. (2013). Number Head Together (NHT) [online] Tersedia : http//www.iqbalali.com/2013/04/nht-numbered head together.html [ 02 April 2013]

Aryan, B.S. (2008). Membangun Keterampilan Komunikasi Matematiaka dan Nilai Moral Siswa Memalui Model Pembelajaran Bentang Pangajen. [Online].

Tersedia : http://rbaryyans.wordpress.com/2008/10/28/membangun-keterampilan-komunikasi-matematika-dan-nilai-moral-siswa-melalui-model-pembelajaran-bentang-pangajen/. [12 April 2012]

Depdiknas. (2003). Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Djamarah,S.B Dan Zain, A. (2002).Strategi Belajar Mengajar : Rineka Cipta.

Johnson & Johnson (1994). Cooperative Learning in The Classroom. Virginia, Association for Supervision and Curriculum Development.

Irianto,B.A.(2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMU melalui Strategi TTW. Skripsi UPI Bandung: Tidak dipublikasikan

Maryam, S. (2012). Metode Ceramah dalam pembelajaran (metode konvensional). Tersedia : shere-pangaweruh.blogspot.com/2012/06/metode-ceramah-dalam-pembelajaran.html.[01 Januari 2013]

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats