PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF ANTARA SISWA YANG MENDAPATKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DENGAN KONVENSIONAL
Abstract
ABSTRAK
Hasil Peneliti ini yaitu analisis data dan pengujian hipotesis untuk tes akhir diperoleh Zhitung = 2,57 dan pada taraf siginifikansi 0.01 diperoleh Ztabel = 2,33, maka Zhitung (2,57) > Ztabel (2,33), sehingga Ha diterima. Oleh karena itu dapat kesimpuian bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan open ended lebih baik dari pada yang menggunakan pembeiajaran konvensional. Ada faktor-faktor lain dari pendekatan open ended terhadap hasil belajar matematika siswa, faktor itu meliputi pemahaman konsep seorang sum terhadap materi dan pendekatan open ended maupun karakter siswa yang heterogen yang menitik beratkan pembeiajaran pada siswa lebih aktif dalam mencari dan menemukan metode dalam menyelesaikan soal matematika.
ABSTRACT
The results of this Researcher that is data analysis and hypothesis testing to test the end of retrieved Zhitung = 2.57 and at siginifikansi level 0.01 retrieved Ztabel = 2.33, then Zhitung (2.57) > Ztabel (2,33), so the Ha is received. Therefore it can be kesimpuian that the results of the students learn math using the open ended approach is better than using the conventional pembeiajaran. There are factors other than open ended approach against the results of learning math students, factors that include an understanding of the concept of a sum against the material and approach the open ended character of the students as well as heterogeneous pembeiajaran operates on the students more active in seeking and finding method in solving math problems.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi aksara.
Darsono, dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV.IKIP Semarang Press.
http://crystal.student.umm.ac.id/2010/08/16/berpikir-reflektif/
Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Mujiono dan Dimyati. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Nurgana, E. (1993). Statistik Penelitian. Bandung : CV. Permadi
Rahardi, M. (2006). Statistik Parametrik. STKIP Garut
Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sundayana, R, (2012). Komputasi Data Statistik, STKIP-Garut. Tidak diterbitkan.
Sukmadinata, N.S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Surapranata, S dan Hatta, M. (2004). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosda.
Yaniawati, (2001). Berpikir reflektif (reflective thinking) siswa SD Berkemampuan matematika tinggi dalam Pemahaman masalah pecahan. JURNAL UPI. Bandung : Tidak Dipublikasikan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats