PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENDAPATKAN STRATEGI GIVING REWARD DENGAN KONVENSIONAL

Hilma Nurulhaq, Akhmad Margana

Abstract


Abstract:

Research using experimental methods with the group design is randomized control group pre-test-postest design, with these method, the file that will be examined are group into two classes namely the control class and the experimental class. Instrument used to measure the ratio of the mathematical problem-solving skills is objective test or description test be given before researcher provide treatment and after treatment. File analyses performed using Chi Kuadrat test and Mann-Whitney test. This study aimed to knowing the ratio of the mathematical problem-solving skills between students who get giving reward strategies with students who get conventional learning. The results of research showing that the mathematical problem-solving skills between students who get giving reward strategies better than students who get conventional learning.

 

Abstrak:

Penelitian dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok randomized control group pre-test-postest design, dengan metode tersebut data yang akan diteliti dikelompokan menjadi dua yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu berupa tes objektif / uraian yang diberikan sebelum peneliti memberikan perlakuan dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Chi Kuardat dan Uji Mann-Whitney. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah  matematika antara siswa yang mendapatkan strategi giving reward dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mendapatkan strategi giving reward lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

 


Keywords


Perbandingan; giving reward; konvensional; kemampuan pemecahan masalah matematik; ratio; giving reward; convensional; mathematical problem-solving skills

Full Text:

PDF

References


Agustina, R.D. (2012). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Konvensional. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Fauzi, H. dkk. (2010). Faktor-faktor yang Berpengaruh Dalam Belajar. Makalah Universitas Muhammadiyah Malang: Tidak diterbitkan.

Made, K. (2010). Tujuan Tentang Reward (Pemberian Hadiah).[Online]

Tersedia:

http://ahmadefendy.blogspot.com/2010/08/tinjauan-tentang-riward-pemberian.html [28 Desember 2012]

Nazwandi. (2012). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Powerpoint Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran.

Rahadi, M. (2006). Statistika Parametrik. Garut: Tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E.T. (1980). Pengantar Kepada Mengembangkan Kompetensi Guru Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Seri ke-2. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Cetakan ke-2. Bandung: Tarsito.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, cetakan keempat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tirtaraharja, U. dan Sulo, S.L.La. (2005). Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Uno, H.B. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Cetakan ke-7. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats