PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahlan, M.D, et, al. (2004). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematis Siswa SLTP Melalui Pendekatan pembelajaran Open-Ended. Disertasi Sps UPI: Tidak diterbitkan.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah
Menengah Atas dan Madrasah aliyah. Jakarta: Depdiknas
Duch, B.J., Groh, S.E., dan Allen, D.E. (2001). Why Problem-Based
Learning: A Case Study of Institutional Change in Undergraduate Education. Dalam B.J. Duch, S.E. Groh, dan D.E. Allen (Eds): The Power of Problem-Based Learning. Virginia, Amerika: Stylus Publishing.
Jacob. (2003). “Matematika Sebagai Penalaran (Suatu Upaya Meningkatkan Kreatifitas Berpikir)”. Makalah Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.
Krismiati, A. (2008). Pembelajaran berbasis masalah berbantuan
Cabry II dalam meningkatkan kemampuan pemecahan dan berpikir kritis siswa. Tesis UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Nurhasanah, L. (2009). Meningkatkan Kompetensi Strategis (Strategic
Competence) Siswa SMP melalui Model PBL (Problem Based Learning). Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Rosnawati, R. (2011). “Kemampuan penalaran matematika siswa
SMP Indonesia pada TIMSS 2011”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.
Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan
dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:
Alfabeta.
Shadiq, F. (2004). “Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi”. Diklat instruktur/Pengembangan Matematika SMA di
Yogyakarta.
Suherman, E dan Winataputra U.S. (1993). Strategi Belajar
Mengajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumarmo, U. (1987). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran
Matematika Dengan Kemampuan Penalaran Logic Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar-Mengajar. Disertasi PPS IKIP Bandung:
tidak diterbitkan.
________, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Mmebaca
Matematika Pada Sekolah Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika
Volume 5, Nomor 1, April 2015 ISSN 2086-4299 10
Menengah. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika
Se-Jawa Barat. Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah UIN Sunan
Gunung Djati: Bandung.
_______, U. (2010). Hand Out Matakuliah Evaluasi Pengajaran
Matematika. Sps UPI: Tersedia.
Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika
Siswa dalam Pelajaran Matematika. Disertasi doktor pada PPS IKIP Bandung: Tidak dipublikasikan.
Usniati, M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatulloh: Tidak diterbitkan.
Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran.
Bandung: UPI
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats