EKSPLORASI KEMAMPUAN OPERASI BILANGAN PECAHAN PADA ANAK-ANAK DI RUMAH PINTAR BUMI CIJAMBE CERDAS BERKARYA (RUMPIN BCCB)

Dian Mardiani

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada permasalahan banyaknya kasus siswa yang menunjukkan ketidakmampuannya dalam melakukan operasi yang benar terhadap bilangan pecahan. Sejak 3 Oktober 2012, Rumah Pintar Bumi Cijambe Cerdas Berkarya (BCCB), telah melakukan pemberian bimbingan belajar terhadap siswanya. Sebagai langkah awal kami ingin mengkaji bagaimana penguasaan siswa Rumah Pintar BCCB terhadap operasi bilangan pecahan. Penelitian ini mengkaji pencapaian kemampuan operasi matematik siswa pada himpunan bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian survey Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang menjadi anggota Rumah Pintar BCCB program bimbingan belajar matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan operasi bilangan pecahan. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52% siswa Rumpin BCCB memiliki kemampuan operasi bilangan pecahan rendah, 13% sedang dan 35% tinggi.

Keywords


Kemampuan siswa; operasi bilangan; pecahan

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Jakarta: Depdiknas.

Greenes, C & Schulman, L. (1996). Communication Process in Mathematical Exploration and Investigation. In P. C. Elliot and

M. J. Kenney (Eds.) 1996 Yearbook. Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. USA: NCTM.

Mardiani, Dian. (2001). Karakteristik Gaya Belajar Matematika Siswa

Berprestasi pada Sekolah Menengah Umum di Kecamatan

Depok, Kabupaten Sleman DIY Tahun Ajaran 2000/2001.Skripsi.

UNY: tidak diterbitkan.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principle

and Strandars for School Mathematics. United States: NCTM.

Maryani, N. (2011). Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran dengan strategi SQ3R (studi eksperimen SMA Negeri kabupaten garut). Tesis. pada Sekolah Pasca Sarjana UPI:

tidak diterbitkan.

Schoen, H. L., Bean, D. L., & Ziebarth, S. W. (1996). Embedding

Communication throught the Curriculum. In P. C. Elliot and M. J. Kenney (Eds.) 1996 Yearbook. Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. Reston, VA: NCTM.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi

Matematika serta Pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika : FMIPA UPI.

Trends in International Mathematics and Science Study. (2007).

International Mathematics Report: Findings from IEA’s Trends in International Mathematics and Science Study the Fourth and Eight Grades. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats