PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA

Vini Nazihah, Moersetyo Rahadi

Abstract


Abstrak
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VII, sedangkan sampel diambil sebanyak dua kelas (kelas eksperimen , kelas kontrol ). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi berbentuk uraian dan tes skala sikap. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model Numbered Heads Together tergolong tinggi (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model Numbered Heads Together lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. (3) Respon/tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Numbered Heads Together sebagian besar berinterpretasi baik.

Abstract
This kind of research is a quasi-experimental study. The sample of population in this study are all junior high school students of class VII, while samples were taken of two classes (class experiment, class Control ). Instruments used in this research is a form of communication ability test and a description of the attitude scale tests. From the analysis of the data obtained conclusions: (1) Quality improvement of communication skills students gain mathematical study of mathematics by using active Model Nembered Heads Together is high. (2) The attitude of the students toward learning mathematics by using active learning strategies type of Quiz Team’s result is mostly good. (3) The attitude of students toward learning mathematics by using active model Numbered Heads Together result is mostly very good.

Keywords


Komunikasi matematis; Numbered Heads Together; Konvensional; Communication of Maths; Numbered Heads Together; Konventional

Full Text:

PDF

References


Febriani, S.S. (2013). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan Numbered Heads Together dengan siswa yang menggunakan konvensional. Pada program studi jurusan matematika STKIP Garut: Tidak di terbitkan

Rahadi, M. (2010).Evaluasi Proses hasil Pembelajaran Matematika (PHPM). STKIP-Garut: Tidak diterbitkan

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfa Beta

Sumarmo,U. (2013). Pembelajaran Matematika Untuk mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disajikan pada pertemuan MGMP Matematika di SMP 1 Tasikmalaya, tanggal 11 Februari 2004 : Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2013). Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Matematik. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FPMIPA UPI Desember 2006 : Tidak diterbitkan

Sundayana, R. (2012). Komputasi Data Statistika. Garut: STKIP Press

Sundayana, R. (2013). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut : STKIP Garut Press

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1, Februari 2012.

UUD Thn 2003 Republik Indonesia

Aisyah, S. (2012). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Mathematical Modelling dalam Model Problem Based Learning. TESIS UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Damayanti, D.(2012). Penerapan Metode Accelerated Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia – Bandung. Tidak Diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats