Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together
Abstract
ABSTRAK
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas kuasi eksperimen I dan kelas kuasi eksperimen II. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Garut tahun ajaran 2014/2015, sedangkan sampelnya yaitu kelas VII-H sebagai kelompok kuasi eksperimen I yang mendapatkan pembelajaran kancing gemerincing dan kelas VII-F sebagai kelompok kuasi eksperimen II yang mendapatkan pembelajaran NHT dengan pengambilan sampel secara purposive, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan angket siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Head Together (NHT) dengan kancing gemerincing, (2) Kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas kuasi eksperimen I dengan teknik pembelajaran kancing gemerincing adalah sedang, (3) Kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas kuasi eksperimen II dengan teknik pembelajaran NHT adalah sedang, (4) Siswa bersikap positif terhadap teknik pembelajaran kancing gemerincing, (5) Siswa bersikap positif terhadap teknik pembelajaran NHT namun di sisi lainmereka bersikap negatif terhadap penyediaan LKS.
ABSTRACT
The method that used of this research is quasi experiment make use of two classes, quasi experiment I and quasi experiment II. The population is all of sevent grade students at SMPN 5 Garut period 2014/2015, and the sample is H-sevent grade as quasi experiment I who get kancing gemerincing learning and F-sevent grade as quasi experiment II who get NHT learning with purposive sampling. The purposive sampling is sampling based on certain considerations. The instrument of this research is mathematical understanding skill test and questionnaire. Based on the result of research, known that: (1) found the difference increased of mathematical understanding skill students between who get strategy cooperative learning technique Numbered Head Together (NHT) and kancing gemerincing, (2) the increased quality of mathematical understanding skill quasi experiment I students with technique kancing gemerincing is enough, (3) the increased quality of mathematical understanding skill quasi experiment II students with technique NHT is enough, (5) the student were gived their positive attitude to technique kancing gemerincing, (5) the student were gived their positive attitude to technique NHT, but they were gived their negative attitude to equipping of LKS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Huda, N dan Kencana, AG. (2013). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan KemampuanPemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung (hal. 595-606)
Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Natawidjaja, dkk. (2007). Rujukan Filsafat, Teori dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: UPI Press
Qohar, A. (2009). Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Pembelajaran dengan Model Reciprocal Teaching. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (P-31).
Rifyal, Y. (2013). Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Mendapatkan Pendekatan Problem Based Learning dengan Siswa yang Mendapatkan Pembelajaran Langsung. Skripsi pada Jurusan Matematika STKIP Garut : Tidak diterbitkan.
Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.272
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats