PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOMPUTER PADA MATERI KESEBANGUNAN DI KELAS IX MTS NEGERI 1 PALEMBANG

Veven Hernandes, Muhammad Isnaini, Gusmelia Testiana

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar matematika dengan menggunakan komputer pada materi kesebangunan untuk sekolah menengah pertama yang memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika serta agar siswa lebih tertarik belajar pelajaran matematika.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D). Subyek dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu siswa kelas IXCyang berjumlah 40 siswa sebagai kelompok besar dan 10 siswa dari 40 siswa kelas IXA sebagai kelompok kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket kepraktisan dan observasi kepraktisan. Berdasarkan hasil validasidari 6 validator diperoleh skor rata-rata sebesar 88,73 yang tergolong kategori sangat valid. Berdasarkan angket kepraktisan pada tahap uji coba produk kelompok kecildiperoleh hasil rata-rata dalam kategori praktisyaitu 89,38 dan rata-rata observasidalam kategori praktis yaitu sebesar 85. Sedangkan pada tahap uji pemakaian kelompok besar diperoleh hasil rata-rata dalam kategori praktis yaitu 85,26 dan rata-rata observasi dalam kategori praktis yaitu sebesar 85,24. Sehingga bahan ajar matematikayang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran kesebangunan.

Abstract
This study aims to produce a mathematics instructional materials using a computer on the material similarity for junior high school which meet the criteria for a valid and practical use in mathematics learning activities as well as to make students more interested in learning math. The method used in this research is the Research and Development (R & D). Subjects in this studyare two classes,40 students from IXC as a large group and 10 of 40 students from IXA as a small group. Data collection techniques used in this study are validation sheet, questionnaire and practicality observation. Based on the results of the validation of the 6 validators obtained an average score of 88.73 which is classified as a very valid one. Based on the practicality questionnaire of the small group’s test phase obtained a result of 89.38% with the average 92.5% in practical category. Meanwhile in the larger group’s test phase obtained a result of 85.26% with the average 94.32% in practical category. So that the mathematical teaching materials developed can be used in learning similarity.


Keywords


Bahan ajar matematika; kesebangunan; valid; praktis; mathematical teaching materials; similarity; valid; practical

Full Text:

PDF

References


Mastur Faizi, Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid, Jogjakarta DIVE press. 2013.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Alfabeta: Bandung, 2013.

Nora Surmilasari, Pengembangan Multimedia Pada Pokok Bahasan Menentukan Jarak pada Bangun Ruang di kelas X SMA, UNSRI, Tesis. 2013.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara 2009.

Riduwan, Metode dan Teknik menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta, 2013.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats