PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Ari Riswanto

Abstract


Abstrak
Dalam dunia pendidikan keberhasilan yang maksimal dapat dilakukan dengan membuat berbagai prediksi dan perbaikan terhadap berbagai kekurangan yang ditemui, hal ini akan berimplikasi pada hasil belajar yang didapat oleh peserta didik. penilaian hasil belajar akan menjadi hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, sehingga merupakan satu hal yang wajib dilakukan dan menjadi tolok ukur proses pendidikan, hal ini akan tercermin salah satunya adalah dari motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini berfokus pada sejauhmana model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualiazation) berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan 32 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan 32 mahasiswa lain sebagai kelompok kontrol. Analisis yang dilakukan mulai dari analisis uji validitas, reliabilitas, taraf keusukaran, uji beda dan analisis uji hipotesis. Sedangkan kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran tipe TAI, dengan tingkat motivasi belajar mahasiswa yang lebih baik pada materi matematika ekonomi. Adapun saran yang dapat di berikan pada peneliti selanjutnya adalah jika akan menggunakan Model Cooperative Learning metode TAI (Team Assisted Individualiazation) dalam melakukan penelitiannya harus memperhatikan aspek lain seperti aspek psikomotor sehingga hasil penelitian lebih baik dan sempurna.

Abstract
In the academic success of the maximum can be done by making predictions and improvements to various deficiencies are found, it will have implications on learning outcomes acquired by learners. assessment of learning outcomes will be very important in the learning process, so that is one thing you must do and the benchmark educational process, this will be reflected one of them is from the motivation to learn owned by learners. This study focuses on the extent of cooperative learning model type TAI (Team Assisted Individualiazation) influence in increasing the motivation of learners in education. This research uses experimental approach with a quasi-experimental methods (quasi experiment) using 32 students as an experimental group and 32 other students as a control group. The analysis is done from the analysis of validity, reliability, level keusukaran, different test and analysis of hypothesis testing. While the conclusion of the study is that there is a difference before and after using the learning methods TAI type, with the level of student motivation to learn the material better in mathematical economics. As for suggestions that can give further research is if it will use the Model Cooperative Learning method of TAI (Team Assisted Individualiazation) in conducting the research should pay attention to other aspects such as psychomotor aspects so that research results better and perfect.


Keywords


Model Cooperative Learning; metode TAI; Team Assisted Individualiazation; Motivasi Belajar Mahasiswa; Matematika Ekonomi; Cooperative Learning Model; methods TAI; Motivation of Student Learning; Mathematical Economics

Full Text:

PDF

References


F. Jalal. Reformasi Pendidikan dalam konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita, 2001.

UNDP. “Godwill Ambassador,” 2016. [Online]. Available: http://www.undp.org.

T. Hiraoka, G. Neubig, S. Sakti, T. Toda, and S. Nakamura, “Learning cooperative persuasive dialogue policies using framing,” Speech Commun., vol. 84, pp. 83–96, 2016.

Daryanto, Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media, 2012.

A. Markou, J. D. Salamone, T. J. Bussey, A. C. Mar, D. Brunner, G. Gilmour, and P. Balsam, “schizophrenia,” pp. 1–17, 2013.

G. Simona, “Optimization of Training Strategies – A Study on Learners’ Motivation and Satisfaction,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 180, no. November 2014, pp. 808–813, 2015.

Sumiati & Asra, Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana prima, 2009.

L. Hakiim, Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2009.

M. Barak, A. Watted, and H. Haick, “Motivation to learn in massive open online courses: Examining aspects of language and social engagement,” Comput. Educ., vol. 94, pp. 49–60, 2016.

R. E. Slavin, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. B: Nusa Media, 2005.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya, 2009.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta., 2006.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats