KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR DAN PROBING-PROMPTING

Gina Nur Azizah, Rostina Sundayana

Abstract


Abstrak
Matematika masih dianggap sulit bagi kebanyakan siswa. Hal itu menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji perbedaan pencapaian dan kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis serta sikap siswa antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan tipe Probing-Prompting. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berbentuk soal uraian, angket, dan lembar observasi. Materi yang digunakan adalah Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Garut tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel kelas yang dipilih yaitu kelas VIII-D dan kelas VIII-E dengan jumlah masing-masing 36 siswa. Dari hasil penelitian, diperoleh kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa menghasilkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis yang sama, namun peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelas AIR mendapatkan peningkatan yang sedang, sedangkan pada kelas Probing-Prompting mendapatkan peningkatan yang tinggi. Adapun sikap siswa terhadap kedua model pembelajaran menghasilkan respon yang sama yaitu tergolong baik.

Abstract
Mathematics is still considered difficult for many students. This leads to students' mathematical problem solving skill remains low. One of reasons is the implementation of inappropriate learning model. Therefore, this study aims to analyze the differences of students' achievement and quality in mathematical problem solving skill enhancement as well as students' attitudes between those who received Auditory Intellectually Repetition (AIR) cooperative learning and those who received Probing-Prompting type. The research method used in this study was quasi-experimental method. Meanwhile, the research instruments used in this study were test, questionnaire, and observation sheet. Material used was the linear equation of two variables (PLDV). The population in this study was all VIII-grade students in Garut Junior High School academic year 2015/2016 with two classes selected as sample. The classes used as sample were VIII-D class and VIII-E class with 36 students respectively for each class. Based on the results of this study, it was found that the students' prior and final mathematical problem skills produced similar achievement. However, the increase of students' mathematical problem solving skills in AIR class achieved medium increase. Meanwhile, in Probing-Prompting class the increase was high. Then, students' attitudes towards both learning models produced similar responses. The responses could be categorized as good.


Keywords


Pemecahan masalah matematis; AIR; Probing-Prompting; mathematical problem solving; AIR; Probing-Prompting

Full Text:

PDF

References


Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

H. E. T. Ruseffendi, Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA, Bandung: PT. Tarsito Bandung, 2006.

W. Susilawati, Belajar dan Pembelajaran Matematika, Bandung: CV. Insan Mandiri, 2014.

H. Hendriana dan U. Soemarmo, Penilaian Pembelajaran Matematika, Bandung: PT. Refika Aditama, 2014.

U. Soemarmo, Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI, 2013.

D. Arradian, (2015, Juni). Ajarkan Bahasa Matematika Mudah [Online]. Tersedia: http://www.koran-sindo.com/read/994672/152/ajarkan-bahasa-matematika-mudah-1430189249.

R. Keswara, (2015, Juli). Pembelajaran matematika di Indonesia masuk peringkat rendah [Online]. Tersedia: http://nasional.sindonews.com/read/804091/15 pembelajaran-matematika-di-indonesia-masuk-peringkat-rendah-1384111047. [16, 2013.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

M. Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Sihalolo, 2012




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats