INVESTIGASI KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING MATEMATIS MAHASISWA VIA PENDEKATAN REALISTIC

Ekasatya Aldila Afriansyah

Abstract


Abstrak
Kemampuan problem solving dan problem posing matematis merupakan kemampuan matematis yang perlu dimiliki oleh mahasiswa. Melalui kedua kemampuan ini, seorang mahasiswa dapat lebih kreatif dalam mengungkapkan ide serta gagasannya dengan cara menghubungkan pengetahuan yang dia peroleh sebelumnya dan mengaitkannya dengan pengetahuan yang dia diperoleh sekarang; serta mampu menuangkan gagasan/ide dalam menyelesaikan persoalan matematis yang dihadapinya. Namun pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang belum memiliki kedua kemampuan ini, sehingga perlu diadakan perbaikan pembelajaran melalui pendekatan yang tepat. Pada penelitian ini, pendekatan pembelajaran yang dijadikan sebagai solusinya adalah pendekatan Realistic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem solving dan problem posing matematik mahasiswa melalui pendekatan Realistic. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes diagnostik berupa pre-test dan pos-test, dan angket. Hasil dari penelitian ini, kemampuan problem solving dan problem posing mahasiswa cenderung meningkat. Rekomendasi bagi peneliti lain adalah melakukan penelitian sejenis ini dengan subjek penelitian yang berbeda, seperti mahasiswa calon guru.

Abstract
Mathematical problem solving and problem posing skill are the mathematical skills that need to be owned by students. By having this skill, students can be more creative in expressing ideas by connecting the knowledge that they held previously. But in reality, there are some students who are lack of problem solving skill; therefore it is really important to improve learning through appropriate approach. Realistic approach had been chosen as the learning theory to be applied in the class. This study has the objective to find out whether the use of realistic approach enhances students’ mathematical problem solving and problem posing skills. The research methodology used in this study is a quantitative research. The instrument used diagnostic tests (pre-test and post-test); and questioner. The results of this study, the mathematical problem solving and problem posing skills students tend to increase. Recommendations for other researchers are do the research of mathematical problem solving and problem posing skills in other populations, especially prospective teachers.


Keywords


Kemampuan problem solving matematis; Kemampuan problem posing matematis; pendekatan Realistic; metode kuantitatif; Mathematical problem solving skill; mathematical problem posing skill; Realistic approach; quantitative research

Full Text:

PDF

References


H. L. Mikarsa, dkk, Pendidikan Anak di SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2005.

Darta, Pembelajaran Matematika Konstekstual Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Mahasiswa Calon Guru, Tesis Magister pada Sps UPI: Tidak diterbitkan, 2004.

S. A. Chamberlin, (2015, Februari), What is Problem Solving in the Mathematics Classroom?, [online]. Tersedia: http://people.exeter.ac.uk/PErnest/pome23/Chamberlin%20What20is%20Prob%20solving.doc, 2008.

N. Kesumawati, Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Disertasi Doktor pada SPs UPI: Tidak diterbitkan, 2010.

D. Ismaimuza, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatis Matematik Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif, Disertasi Doktor pada SPs UPI: Tidak Diterbitkan, 2010.

Hamzah, Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Bandung Melalui Pendekatan Problem Posing, Disertasi Doktor pada SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan, 2003.

N. F. Ellerton and P. C. Clarkson, Language factors in mathematics teaching and learning, International handbook of mathematics education, Springer Netherlands: 983-1033, 1996.

NCTM, Principles and Standars for School Mathematics, Tersedia: http://www.nctm.org/standards/content.aspx?id=16909, 2000.

E. A. Afriansyah, “Implementasi PMRI dalam Materi Sifat Komutatif dan Asosiatif pada Bilangan Bulat untuk Level Siswa SD/MI”, Jurnal Pendidikan Matematika Musharafa Edisi 11 Tahun Ke-III, 19-25, 2012.

E. A. Afriansyah, Design Research: Konsep Nilai Tempat dalam Operasi

Penjumlahan Bilangan Desimal di Kelas V Dekolah Dasar, Tesis Magister pada SPS UNSRI-UTRECHT: Tidak diterbitkan, 2012.

E. A. Afriansyah, “Design Research: Place Value in Decimal Numbers Using Metric System”, International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, 2013.

E. A. Afriansyah, “What Students’ Thinking about Contextual Problem is”, International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education (1st ISIMMED), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY): Yogyakarta, 2014.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats